Yakinkah anda sudah diselamatkan?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan berat yang mungkin lebih mudah dijawab oleh pengikut agama lain. Mereka yang bukan Kristen kebanyakan percaya bahwa keselamatan datang melalui cara hidup yang baik, memberi amal sedekah, menjalankan ritual tertentu dsb. Jadi mereka memang lebih mudah untuk merasa yakin, karena mereka bisa “membeli” keselamatan itu. Tuhan, seperti yang mereka bayangkan,  menghargai “tebusan” manusia yang  dipersembahkan kepadaNya.

Agama Kristen sebaliknya mengajarkan bahwa semua orang sudah berdosa dan tidak bisa memenuhi standar kesucian yang diminta Tuhan. Tuhan kita yang mahasuci tidak bisa menerima usaha kita untuk  masuk surga. Kalau kita bisa diselamatkan dan menjadi anak-anakNya, itu hanya karena karunia penyelamatan Kristus.

” Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”  Yohanes 3:16

Buat sebagian orang, keselamatan “gratisan” ini sangat tidak masuk akal. Masa hanya dengan percaya kita memperoleh keselamatan? Apalagi kalau melihat adanya orang-orang Kristen yang kelakuannya kurang baik. Bagaimana mungkin orang yang demikian bisa diterima oleh Tuhan? Buat sebagian orang Kristen, pertanyaan ini bisa juga menjadi pergumulan. Apakah aku benar-benar sudah diselamatkan? Haruskah aku melakukan atau mendapatkan sesuatu untuk memastikan keselamatanku?  Apakah aku baru akan diselamatkan jika aku sudah menjadi “orang baik”? 

Tidaklah mengherankan bahwa sebagian orang yang mengaku Kristen masih percaya bahwa untuk mendapat keselamatan mereka harus berbuat baik, melakukan berbagai ritual dan usaha amal lainnya. Mereka tidak sadar bahwa ini adalah bentuk manusia lama yang hanya hidup untuk dirinya sendiri dan untuk hal-hal duniawi saja. Manusia lama yang percaya bahwa manusia dapat menemukan keselamatan dengan usaha dan pilihan sendiri. Manusia lama yang tidak mengenal Yesus sebagai satu-satunya jalan keselamatan. 

Untuk menghilanngkan keraguan kita baiklah kita sekali lagi membaca apa kata firman Tuhan mengenai keselamatan:

  • Tidak ada orang yang baik. Semua manusia gagal mencapai standar Tuhan.

“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” Roma 3: 23

  • Manusia hanya dapat memperoleh keselamatan hanya karena darah Kristus. Itu adalah karunia untuk mereka yang percaya karena harganya sudah dibayar penuh di kayu salib.

“dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.” Roma 3:24

  • Yesus adalah satu-satunya jalan keselamatan dan karena itu manusia harus bergantung kepadaNya.

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”  Yohanes 14: 6

  • Keselamatan adalah pemberian Tuhan pada saat kita menerima Kristus. Kita hanya bisa menerima Kristus dengan bimbingan Tuhan sendiri. Keselamatan tidak tergantung pada baik- buruknya hidup kita.

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”     Efesus 2: 8-9

Banyak juga orang Kristen yang merasa gagal untuk menjadi orang yang “baik” menurut kacamata manusia. Manusia tidak sadar bahwa perubahan hidup bagaimanapun tidak akan bisa membawa kesempurnaan. 

Perubahan hidup pasti dialami oleh semua orang yang sudah menjawab panggilan kasih Tuhan, tetapi kesempurnaan di mata Tuhan sudah terjadi pada waktu kita dengan sungguh-sungguh menerima Kristus karena darah  Kristus yang sudah dicurahkan di kayu salib.

Perubahan hidup adalah proses yang memakan waktu, tetapi pasti terjadi kalau kita sudah menanggalkan manusia lama kita yang tidak mengenal Kristus dan membiarkan hidup kita dibaharui oleh Roh Kudus.

” …….yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.” Efesus 4: 22-24

Dari bacaan diatas, jelaslah bahwa jika anda benar- benar sudah menjawab “ya” dan dengan itu menanggalkan manusia lama yang tidak mengenal Yesus, anda sudah terhitung sebagai anakNya. Sebaliknya, jika anda masih ragu-ragu dengan jawaban anda, mintalah dengan sungguh-sungguh agar Tuhan menolong anda untuk dapat menerima penebusan Kristus sebagai satu-satunya jalan keselamatan.

Jika kita sudah benar-benar menjawab panggilan keselamatan Tuhan, kita harus yakin akan keselamatan kita.  Biarlah Roh Kudus bekerja makin nyata dalam diri kita sehingga hidup kita bisa mencerminkan rasa syukur kita atas kasih Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s