Apakah anda benar-benar mengenal Tuhan?

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.” Matius 7: 21

Dalam sejarah musik internasional, band The Beatles adalah suatu fenomena yang menarik. Dalam waktu hanya 4 tahun, The Beatles yang mulanya hanya sebuah band tak ternama di Liverpool, Inggris, menjadi sebuah band yang seperti diklaim oleh John Lennon pada tahun 1966, “lebih masyhur dari Yesus”.

Pada tahun 1964, The Beatles mengadakan tour ke Australia dan mengunjungi kota Adelaide, Melbourne, Sydney dan Brisbane. Sambutan masyarakat Australia pada waktu itu luar biasa, dan sampai sekarang orang-orang yang pernah ikut menyambut The Beatles masih mengenang saat itu. Mereka merasa kenal dengan pemain-pemain band itu, sekalipun hanya melalui musik dan sebuah perjumpaan. Mungkin mereka memang setuju bahwa The Beatles lebih bisa dikagumi daripada Yesus.

Masyarakat yang menyambut The Beatles pada saat itu agaknya bisa dibandingkan dengan orang-orang yang mengelu-elukan Yesus ketika Ia masuk ke Yerusalem diatas seekor keledai menjelang penyalibanNya. Mereka yang mengharapkan Yesus untuk menjadi pemimpin Israel yang bisa membebaskan mereka dari penjajahan Romawi. Mereka menyambut Yesus sebagai orang yang menurut pengenalan mereka saat itu, adalah calon Raja Israel.

“Mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!” Yohanes 12: 13

Jika mereka yang menyambut Yesus pada waktu itu dibungkus perasaan euforia dan karena itu merasa kenal denganNya, beberapa saat kemudian mereka menyaksikan dan terlibat dalam pengadilan masa yang menentukan bahwa Yesus adalah seorang penipu dan penghujat yang lebih jahat dari Barabas, seorang pemberontak yang kejam. Mereka yang dulunya merasa kenal kepada Yesus, ternyata tidak kenal kepadaNya. Mereka dan orang-orang lain yang membenci Yesus, bersama-sama menyalibkan Dia.

Dalam hidup kita saat ini, ada banyak orang yang merasa kenal kepada Yesus. Mereka sering juga merasakan kegembiraan dalam menemuiNya, entah dalam kebaktian gereja, ataupun dalam mendengarkan lagu-lagu rohani. Malahan, perasaan euforia mungkin juga terkadang datang, dan mereka ikut menyerukan “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang sebagai penebus dosa manusia!”. Mereka merasa kenal dengan Yesus, mereka yakin bahwa Yesus sudah menyelamatkan orang yang percaya.

Satu hal yang menyedihkan dalam hidup ini adalah adanya orang-orang seperti itu, yang merasa kenal kepada Yesus dan merasa percaya kepadaNya, tetapi sebenarnya tidak tahu siapa Dia. Mungkin sudah bertahun-tahun mereka mengenal nama Yesus yang termasyhur itu. Dengan bersemangat, mereka selalu mau menyambut kehadiran Yesus yang dirasakan dalam kebaktian gereja. Persis seperti mereka yang mengagumi orang-orang yang terkenal. Bagi mereka, Yesus adalah orang yang hebat, yang seharusnya dikagumi.

Pagi ini, mungkin sekali tidak ada keraguan bahwa kita mengenal Yesus. Yesus adalah tokoh dunia. Banyak orang mempunyai keyakinan yang serupa. Mempunyai semangat dan euforia, yang sering muncul ketika nama Yesus disebutkan. Namun, pertanyaan kepada kita adalah apakah kita sudah menjalankan Firman dalam hidup kita sehari-hari. Apakah kita tetap hidup sebagai anak-anak Tuhan, yang membenci hawa nafsu, egoisme, kejahatan, dan kepalsuan. Apakah kita tetap setia kepadaNya, sekalipun dunia menjanjikan berbagai kenyamanan dan kenikmatan. Yesus yang kita kenal adalah Tuhan yang mahatahu. Yesus adalah Mesias yang akan mengenali kita dari apa yang ada dalam hidup kita sehari-hari, bukan dari perjumpaan sesaat yang sering kita alami.

Ia bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Petrus: “Engkau adalah Mesias!” Markus 8: 29

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s