Hadiah apa yang anda minta untuk Natal tahun ini?

“Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” yang berarti: Allah menyertai kita. Matius 1: 23

Malam ini adalah malam Natal. Christmas Eve. Adalah suatu tradisi di dunia barat bahwa pada malam ini dibawah pohon Natal diletakkan hadiah-hadiah untuk sanak keluarga dan teman. Bungkusan hadiah itu biasanya dibuka bersama-sama pada pagi hari tanggal 25 Desember, tetapi ada juga yang melakukan tradisi ini pada malam Natal sebelum tidur.

Tradisi saling memberi hadiah Natal mungkin ada hubungannya dengan hadiah Natal yang pertama, yang dibawa oleh orang-orang Majus yang datang ke Betlehem dari tempat yang jauh dengan bimbingan bintang di Timur.

“Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.” Matius 2: 11

Tradisi memberi dan menerima hadiah Natal adalah suatu yang sebenarnya baik. Walaupun demikian, tradisi ini seringkali dilakukan tanpa mengerti apa yang menjadi latar belakangnya. Sekarang ini, banyak orang yang bukan orang Kristen ikut-ikutan memberi dan menerima hadiah Natal karena Natal sudah menjadi perayaan masyarakat umum dengan berbagai acaranya.

Menurut Alkitab, hadiah Natal yang pertama bukanlah apa yang dibawa oleh orang Majus, tetapi apa yang diberikan Tuhan kepada umat manusia. Hadiah itu berupa AnakNya yang tunggal, yang sudah turun ke dunia untuk menyelamatkan orang yang mau percaya kepadaNya.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Yohanes 3: 16

Pagi ini, ketika kita bersiap untuk merayakan hari Natal, kita harus sadar bahwa hadiah-hadiah Natal yang kita harapkan atau terima dari sanak keluarga dan teman, tidaklah bisa dibandingkan dengan hadiah keselamatan dari surga. Memang, apa gunanya jika seseorang menerima hadiah yang sangat berharga dalam pandangan manusia, tetapi kehilangan kesempatan untuk menerima anugerah keselamatan dari Tuhan?

“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” Matius 6: 26

Demikian juga bagi kita yang sudah menerima hadiah keselamatan dari Tuhan, kita harus mau membagikan kabar baik bahwa Tuhan mau memberikan hadiah Natal yang terbaik yaitu Yesus Juruselamat, untuk setiap orang yang mau menerimaNya. Biarlah kita pada malam Natal ini dengan yakin bisa percaya bahwa apa yang benar-benar kita perlukan dalam hidup ini hanyalah Yesus. All I want for Christmas is Jesus.

2 pemikiran pada “Hadiah apa yang anda minta untuk Natal tahun ini?

  1. Sy sendiri tak pernah mendapat hadiah ntal, kbtulan jg tak pernah mengharapkan hadiah ap pun baik di mlm natal, maupun di hari natal hr ini, justru sy yg sring ngsih org kado natal.

    Di kluarga sy, terkait bagi2 kado natal utk anggota kluarga, biasa kmi lakukan di mlm natal stlh acara doa/ibadah singkat keluarga. Di postingan blog sy yg terbaru sy menulis ttg Kado Natal buat Ayah.

    Selamat Natal Pak Andreas Nataatmadja. Damai dan hikmat Natal menyertai bpk sekeluarga. Oya, gmn ni natalan di Australia thn ini? Ap lbih meriah dr di Indonesia?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s