Selamat hari Natal

“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.” Galatia 3: 23 – 24

Hari ini hari Natal, hari peringatan kelahiran Yesus ke dunia. Berjuta-juta orang Kristen merayakan hari Natal dengan berbagai acara gereja. Memang, bagi mereka hari Natal adalah hari yang membawa kesan gembira, hari ulang tahun Yesus Kristus. Untuk sementara, orang berhenti memikirkan persoalan hidup dan mencoba untuk bergembira dalam suasana Natal yang dapat mereka temui.

Tidak semua orang bisa dan mau merayakan hari Natal. Mereka yang tidak mengenal Yesus mungkin tidak berminat untuk merayakan kelahiranNya. Mereka yang tidak percaya bahwa Yesus Anak Allah, mungkin hanya merayakan Natal sebagai hari untuk libur seperti hari tahun baru. Dan mereka yang membenci Yesus mungkin akan berusaha menghalangi orang lain yang ingin merayakan Natal.

Mereka yang mengerti bahwa Yesus dilahirkan untuk menebus dosa mereka, tentu merasa beruntung bahwa hadiah Natal sudah mereka terima. Mereka sadar bahwa jika hadiah itu tidak datang secara cuma-cuma dari Allah, tidak mungkin bagi mereka untuk membeli harga penebusan dosa-dosa mereka. Karena Tuhan mahasuci, manusia tidak mungkin bisa menerima keselamatan jika itu tidak datang sebagai anugerahNya.

Mereka yang mengerti arti Natal yang sebenarnya, juga harus bersyukur bahwa Roh Kudus sudah bekerja dalam hidup mereka, sehingga mereka memperoleh kesadaran akan dosa-dosa yang ada, dan karena itu mau menerima uluran tangan Tuhan yang menyelamatkan. Mereka tentunya menyadari bahwa walau ada banyak yang mendengar panggilan Tuhan, sedikit saja yang terpilih. Memang sebagian manusia terlalu sibuk dengan hidup mereka untuk mau mengikut Kristus dan sebagian lagi memang membenci Dia.

“Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.” Matius 22: 14

Sebagian dari orang yang sudah mengenal dan menerima Yesus sebagai Juruselamat mereka, masih kurang yakin bahwa darah Yesus sudah melunasi harga tebusan mereka dengan sepenuhnya. Mereka masih terus mencari apa saja yang bisa menambah harga tebusan itu dengan menjalani hukum dan peraturan yang dibuat manusia untuk membuat mereka makin berkenan kepada Tuhan. Tetapi, cara hidup yang demikian sebenarnya merendahkan nilai penebusan Kristus.

“Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorangpun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.” Galatia 2: 16

Hari ini, dalam merayakan Natal marilah kita bersyukur bahwa Tuhan sudah menunjukkan kasihNya yang sempurna. Karena itu kita bisa dengan sepenuhnya bersyukur kepada Tuhan dan menyatakannya dalam hidup kita, bukan saja pada hari ini, tetapi selama kita hidup di dunia. Selamat hari Natal!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s