Ingatlah bahwa Tuhan itu mahakuasa

“Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu cicitmu semuanya itu.” Ulangan 4: 9

Hari Natal sudah lewat, dan bagi banyak orang apa yang sudah mereka alami tinggallah menjadi kenangan. Mungkin di beberapa tempat, perayaan hari Natal masih akan berlangsung; tetapi itupun akan lewat. Apakah pada setiap hari Natal pengalaman yang serupa kita alami? Tidakkah ada yang berbeda antara tahun yang lalu dengan tahun ini?

Bagi sebagian orang, natal-natal yang lalu masih teringat sampai sekarang. Mungkin saja karena Natal kali itu dirayakan di tempat tertentu, atau bersama dengan orang tertentu. Tetapi mungkin juga di saat itu, Natal dirayakan seorang diri tanpa kehadiran orang yang dikasihi. Barangkali pada Natal saat itu ada hal besar, sesuatu yang baik atau buruk, yang terjadi dan yang tidak bisa dilupakan.

Kebalikan dari hal mengingat apa yang terjadi pada masa lalu, orang sering mudah melupakan apa yang terasa sebagai hal yang terasa biasa dalam hidup mereka. Jika hidup terasa normal, tidak ada gejolak yang berarti, orang lupa bahwa dibalik semua itu tentu ada penyebabnya. Pada pihak yang lain, jika ada hal yang tidak diingini, manusia juga sering berusaha melupakannya tanpa menyadari bahwa segala sesuatu terjadi bukannya tanpa sebab dan tujuan. Manusia sering lupa bahwa Tuhan yang mahahadir adalah Tuhan yang ada dan kita jumpai selagi kita mengalami peristiwa apapun.

Pesan Musa kepada bani Israel dalam Ulangan 4 menggaris-bawahi pentingnya bagi umat Israel untuk tidak melupakan bahwa Tuhan ada dalam setiap kejadian yang mereka lihat. Baik hal yang menyenangkan maupun yang menyedihkan, mereka harus yakin bahwa Tuhan yang mahakuasa adalah Tuhan yang mengasihi dan yang mempunyai rencana yang baik bagi orang yang takut kepadaNya. Oleh sebab itu sampai sekarang mereka tetap harus mengajarkan hal itu kepada semua anak-anak, cucu dan cicit mereka.

Pagi ini, kita tahu bahwa ada berbagai hal yang sudah lewat yang akan kita lupakan. Tetapi firman Tuhan berkata bahwa ada hal-hal tertentu yang pernah kita alami yang meyakinkan kita akan kuasa Tuhan. Marilah kita selalu ingat akan apa yang sudah dilakukan Tuhan dalam hidup kita dan mau memberitakan kebesaran Tuhan kepada orang di sekitar kita.

“Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia.” Ulangan 4: 35

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s