Tuhan mengawasi kita dengan kasihNya

“TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kau maklumi. Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kau ketahui, ya TUHAN. Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tanganMu ke atasku. Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya. Ke mana aku dapat pergi menjauhi rohMu, ke mana aku dapat lari dari hadapanMu?” Mazmur 139: 1 – 7

Jika anda adalah penggemar musik lembut atau “easy listening” mungkin anda pernah mendengarkan lagu “From a Distance” yang salah satu versinya dinyanyikan oleh Bette Midler. Lagu ini memenangkan hadiah Grammy for Song of the Year pada tahun 1991. Salah satu baitnya berbunyi demikian:

And God is watching us, God is watching us,
God is watching us from a distance.
Oh, God is watching us, God is watching.
God is watching us from a distance.

Dan Tuhan melihat kita, Tuhan melihat kita,
Tuhan melihat kita dari jauh.
Oh, Tuhan melihat kita, Tuhan melihat.
Tuhan melihat kita dari jauh.

Lagu ini adalah salah satu lagu favorit saya, bukan saja karena penyanyinya yang bersuara merdu, tetapi juga karena syairnya yang menarik. Mengapa menarik? Lagu ini bukanlah lagu rohani, tetapi syairnya menyebut-nyebut Tuhan, dan bahkan menyebutkan Tuhan yang melihat dari jauh. Mungkin anda berpikir bahwa syairnya menunjuk kepada Tuhan yang di surga, Tuhan yang mahatahu. Mungkin anda berpikir bahwa lagu ini cocok dengan iman kita.

Kalau kita baca ayat-ayat Alkitab di atas, kelihatannya bunyinya memang mendukung syair lagu Bette Midler. Mazmur di atas memang menyatakan bahwa Tuhan orang Kristen adalah Tuhan yang mahatahu. Tuhan menyelidiki dan mengenal kita, Dia mengetahui, kalau kita duduk atau berdiri, Dia juga mengerti pikiran kita dari jauh. Tetapi Mazmur 139 lebih lanjut menunjuk kepada Tuhan yang mahakuasa dan peduli kepada umatnya. Sebab Tuhan menjaga kita dari belakang dan dari depan dan menaruh tangan perlindunganNya di atas kita. Tuhan kita adalah Tuhan yang bukan melihat kita dari jauh, tetapi Tuhan yang dekat dengan kita dan peduli atas keadaan kita.

Bagi kita, Tuhan bukan lagi Tuhan yang jauh dari kita. Tuhan hidup dalam diri setiap umatNya. Tubuh kita adalah Bait Allah dan Roh Kudus sudah dianugerahkanNya kepada kita untuk tinggal dalam hati kita.

“Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? ?” 1 Krorintus 3: 16

Karena Tuhan tinggal di dalam kita, Tuhan tidak melihat kita dari jauh, tetapi Ia menyertai kita kemana pun kita pergi dan di mana pun kita berada. Tuhan tahu segala persoalan dan tantangan hidup kita, Ia juga tahu jika kita mundur dari iman percaya kita. Dalam menghadapi masalah hidup, Ia tidak akan membiarkan kita lari dari hadapanNya. Sebaliknya, Roh Kudus yang bisa melihat apa yang terjadi dalam hidup kita akan menjadi Roh Penolong yang menyertai kita jika kita mengalami penderitaan baik jasmani maupun rohani. Roh juga yang berdoa untuk kita jika kita tidak bisa berdoa.

“Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.” Roma 8: 26

Saat ini, adakah keraguan anda akan penyertaan Tuhan? Apakah Tuhan terasa sangat jauh dan kurang peduli akan penderitaan anda? Semoga ayat-ayat di atas bisa meyakinkan anda bahwa Tuhan ada beserta dengan anda pada setiap saat. Tuhan bukan melihat kita dari jauh, tetapi Ia menyertai dan menguatkan kita dalam hidup di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s