Apakah Tuhan mengasihi semua orang?

“Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.” Matius 5: 45

Tuhan mengasihiku

Apakah Tuhan mengasihi semua orang di dunia? Pertanyaan ini nampaknya mudah, tetapi sebenarnya sulit untuk dijawab. Bagaimana kalau seseorang menjawabnya dengan “tidak”? Sebagai bukti dikatakannya bahwa tidak setiap orang bisa ke surga. Tetapi dalam kenyataan hidup di dunia, banyak orang yang nyaman hidupnya sekalipun tidak mengenal Tuhan. Jadi tentunya Tuhan memberkati orang-orang itu dan mengasihi mereka. Bagaimana kalau kita menjawab dengan “ya”? Ayat diatas mungkin bisa diajukan sebagai bukti: bahwa Tuhan menerbitkan matahari dan menurunkan hujan kepada siapa saja. Walaupun demikian, seperti diatas, tidak semua orang akan ke surga.

Jadi bagaimana? Apakah mereka yang jatuh sakit di zaman pandemi ini adalah orang-orang yang tidak dikasihi Tuhan? Apakah mereka yang sembuh dari serangan virus ini adalah orang-orang yang benar-benar dikasihi Tuhan? Semua itu tidak benar. Tuhan mengasihi semua orang di dunia dan memberi berkatNya dalam bentuk anugerah umum yang berlaku untuk semua orang. Setiap orang bisa menerima dan memakai apa yang sudah dikaruniakan Tuhan kepada seisi dunia. Entah itu sinar matahari yang memberi kehangatan, air hujan yang menyuburkan tanaman, angin sepoi yang menyejukkan, atau obat-obatan dan perawatan dokter, itu semuanya merupakan berkat Tuhan kepada seluruh umat manusia dan tidak dapat diklaim oleh orang Kristen saja. Lebih dari itu, dengan kasihNya Ia memanggil setiap orang untuk datang kepadaNya dan mau bertobat dari hidup lamanya.

Jika Tuhan nampaknya adil dalam hal memberikan anugerah umumNya, apakah Tuhan dengan demikian memandang bahwa setiap orang adalah sama? Sudah tentu tidak. Mereka yang percaya kepada Yesus adalah orang-orang yang dipilihNya untuk menjadi anak-anak Allah di sorga. Kepada umatNya, Tuhan memberikan karunia yang khusus yaitu keselamatan. Kepada setiap orang yang beriman, keselamatan itu sudah dipastikan. Karena kasihNya yang sangat besar untuk orang yang mengaku dosanya dan mau bertobat, Tuhan memberi mereka kesempatan untuk hidup dalam hubungan yang baru. Ini bukan berarti bahwa mereka akan hidup di dunia tanpa harus menghadapi kesulitan, masalah dan bahkan malapetaka, tetapi dalam segala keadaan mereka dapat berseru memohon pertolongan dan penghiburan dari Tuhan. Ini tentunya tidak dapat dilakukan oleh orang yang tidak percaya kepada Tuhan, karena mereka tidak kenal Tuhan dan Tuhan tidak mengenal mereka.

Pada pagi hari ini, firman Tuhan mengingatkan kita bahwa karena Tuhan mengasihi setiap orang kita juga wajib mengasihi sesama kita. Firman Tuhan juga mengingatkan bahwa sekalipun hidup kita di dunia tidaklah senyaman mereka yang tidak mengenal Tuhan, mereka juga menerima berkat dari Tuhan. Kita tidak boleh berkecil hati melihat mereka yang nampak jaya tetapi bukan orang percaya. Kita harus sadar bahwa selaku umat Kristen kita adalah orang-orang yang sudah menerima keselamatan dan berhak memanggil Tuhan sebagai Bapa. Karena itu, kasih Tuhan melalui darah Yesus inilah yang membedakan kasih Tuhan kepada seisi dunia. Kasih Kristus ini jugalah yang memberikan kita kemampuan untuk mengasihi saudara-saudara seiman kita dalam keadaan apapun dan mau saling menguatkan dan mendoakan dalam keadaan yang sulit saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s