Apakah permintaan terakhir anda?

“Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.” Yohanes 17: 11

Pernahkah anda nonton film TV yang berjudul “I dream of Jeannie”? Film komedi keluarga yang sangat populer di tahun 70an itu menggambarkan kehidupan seorang pria yang berteman dengan jin perempuan yang namanya Jeannie. Seringkali sang pria diganggu oleh jin lucu itu, tetapi terkadang keinginan pria itu terjadi karena Jeannie yang tidurnya didalam sebuah kendi itu bisa bekerja seperti tukang sulap.

Cerita tentang Jeannie diatas mungkin diilhami cerita khayal klasik yang serupa dan lucu yaitu “Aladin dan lampu wasiat” yang muncul di layar putih dan juga dalam musical show. Cerita ini menggambarkan Aladin yang mempunyai jin yang bisa memenuhi 3 permintaan. Tentunya permintaan Aladin yang terakhir adalah permintaan yang terpenting, yang harus dipikirkannya masak-masak karena setelah itu Aladin tidak bisa meminta apa-apa lagi.

Sebagai orang Kristen, kita tentunya tidak menyatakan keinginan kita kepada jin atau setan apapun, melainkan kepada Allah Bapa dalam nama Yesus. Sebagai orang yang sudah diselamatkan, tiap hari kita berdoa bukan untuk keselamatan kita, tetapi memohon berkatNya untuk hidup dan kebutuhan kita dan juga orang lain. Ada berbagai hal yang kita butuhkan dan kita harus bersyukur karena kita boleh tiap hari memohon apa saja yang baik, dan Tuhan akan memberikan apa yang terbaik yang sesuai dengan kehendakNya. Tidak ada batasnya, kita boleh memohon apa saja, kapan saja, dan dimana saja. Tetapi, jika kita hanya boleh meminta satu hal saja, apa yang akan kita pinta dari Tuhan? Jika kita pada saat terakhir boleh mengajukan satu permintaan saja, apakah permintaan kita?

Dalam ayat Yohanes 17: 11 diatas, Tuhan Yesus meminta satu hal kepada Allah Bapa sebelum Ia menghembuskan nafas terakhir di kayu salib. The last wish, the last request. Hanya satu kesempatan, dan karena itu tentunya permintaan itu adalah untuk hal yang paling penting. Yesus sebenarnya dapat meminta agar pengikutNya memperoleh hidup aman, bahagia dan makmur, mungkin juga untuk kesehatan dan umur panjang untuk mereka yang hidupnya baik. Tetapi Yesus justru berdoa agar mereka tetap bersatu dalam iman kepada Bapa dan Anak, Tuhan kita. Doa permohonan terakhir yang menunjukkan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia menurut Yesus.

Pagi ini, marilah kita bayangkan sekiranya kita hanya mempunyai satu kesempatan untuk memohon sesuatu kepada Tuhan, apakah yang akan kita minta? Satu kesempatan, satu hal yang paling penting. Apakah kita akan berdoa untuk kekayaan, kesuksesan, kesehatan kita? Masihkah kita berdoa memohon keselamatan kita? Ataukah kita berdoa agar anak cucu kita berhasil karirnya dan hidup makmur? Ataukah kita berdoa agar kita diberikan iman yang teguh sampai akhir hayat? Mungkin juga memohon agar anak cucu kita semuanya menerima Yesus sebagai Juruselamat mereka?

Doa kita mencerminkan prioritas hidup kita. Mereka yang terobsesi dengan kekayaan, kesuksesan, kesehatan dan harta duniawi lainnya akan memusatkan hidup mereka pada hal- hal itu. Doa mereka akan berfokus pada hal-hal duniawi. Tetapi mereka yang yakin akan keselamatan mereka akan berdoa untuk keteguhan iman bagi mereka dan orang lain, agar semua orang yang percaya pada akhirnya bisa bersatu di surga. Mereka akan hidup benar dan bekerja melayani Tuhan dan menolong orang-orang di sekitarnya agar bisa mengenal Yesus. Mereka yang menyadari penderitaan Yesus di kayu salib akan mengerti bahwa penderitaan dan perjuangan mereka di dunia bukanlah bandingannya. Bahwa yang terpenting dalam hidup manusia adalah hidup kekal bersama Tuhan kita!

“Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu.” Lukas 13: 31

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s