Apa yang anda minta?

“Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.” Mazmur 27: 4

Suatu kenangan yang manis yang masih saya ingat mengenai masa kecil saya adalah saat dimana hari ulang tahun saya mendatangi. Keluarga saya pada tahun 60an, seperti banyak keluarga yang lain di Indonesia, hidup dalam kesederhanaan. Memang keadaan negara Indonesia pada saat itu cukup prihatin. Walaupun demikian, orang tua saya yang tidak tergolong mampu, selalu merayakan hari ulang tahun anak-anaknya setidaknya dengan makanan “istimewa”. Untuk itu, ibu saya biasanya bertanya makanan apa yang saya maui.

Tahun demi tahun berlalu, dan saya pun bertambah dewasa untuk tidak dikatakan bertambah tua. Sungguh menarik bahwa dengan bertambahnya umur, daftar yang saya maui dalam hidup kelihatannya masih banyak juga. Seperti orang lain, sebenarnya ada banyak hal yang kita inginkan dalam hidup ini, walaupun dengan bertambahnya umur kita mungkin harus menerima kenyataan bahwa sebagian dari apa yang kita ingini, mungkin tinggal sebagai impian saja.

Adalah kenyataan bahwa hidup manusia ada di tangan Tuhan yang maha kuasa. Apapun yang kita ingini hanya terjadi jika itu sesuai dengan kehendak Tuhan. Seringkali, apa yang tidak kita ingini malahan terjadi dalam hidup kita. Itupun harus kita terima dengan iman bahwa segala sesuatu yang terjadi bagi orang percaya akan membawa kebaikan.

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8: 28

Apakah sebagai anak-anak Tuhan kita tidak boleh meminta apa yang kita inginkan? Sudah tentu boleh! Yesus malahan pernah berkata bahwa apapun yang kita minta dalam namaNya akan dikabulkan.

“Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.” Yohanes 14: 14

Walaupun demikian, untuk bisa meminta dalam nama Yesus, kita harus bisa mengerti apakah Yesus sendiri akan dengan senang hati melakukannya diluar permintaan kita. Kita hanya dapat melakukan sesuatu atas nama orang lain jika kita yakin bahwa orang itu akan setuju dengan apa yang kita lakukan. Karena itulah, doa orang percaya selalu dilandasi pengertian bahwa segala sesuatu pada akhirnya, harus diserahkan kepada kehendak Tuhan.

Apa yang kita inginkan dalam hidup ini akan terjadi kalau Tuhan menghendaki. Apa yang dikehendaki Tuhan dari awalnya adalah hubungan yang erat dengan umatNya. Karena Tuhan adalah maha kasih, Ia ingin kita untuk mengasihi Dia. Karena itu apa yang kita minta seharusnya untuk membina hubungan kita dengan Tuhan, sebab Tuhan tidak suka jika kita menginginkan sesuatu yang justru akan merusak hubungan itu.

Pagi ini, baik untuk yang masih tergolong muda ataupun yang sudah berusia, untuk anda pertanyaan Tuhan tetap ada. Apakah yang anda minta dalam hidup anda? Adakah sesuatu yang sangat diinginkan? Sebutkan satu persatu, dan bandingkan semuanya dengan permintaan pemazmur diatas. Satu hal telah diminta pemazmur adalah untuk diam di rumah Tuhan seumur hidup, menyaksikan kemurahan Tuhan dan menikmati bait-Nya. Dalam kata lain, pemazmur ingin memuliakan Tuhan sambil bersyukur dan membina hubungan yang intim dengan Tuhan seumur hidupnya. Jika ini adalah motif keinginan kita, percayalah bahwa Tuhan pada saat yang tepat akan mengabulkan permintaan kita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s