Selamat pagi!

“Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!” Mazmur 118: 24

Kata “selamat” dalam bahasa Indonesia mempunyai banyak makna dan penggunaan. Di pagi hari, jika kita bertemu dengan teman atau kolega, “selamat pagi” biasanya saling diucapkan sebagai kebiasaan menyapa yang sopan. Kata “selamat” yang sebenarnya bisa diartikan “terhindar dari musibah” dipakai pula untuk menyambut datangnya hari besar tertentu. Ucapan “selamat” juga diucapkan untuk menunjukkan perhatian dan rasa ikut berbahagia kepada mereka yang memperoleh sesuatu yang baik. Selain itu, untuk orang Kristen, kata “Juru Selamat” dipakai untuk Yesus Kristus yang sudah menyelamatkan mereka. Kata “selamat” mungkin setara dengan kata “shalom” yang dipakai orang Israrel dan berarti “sejahtera”.

Dalam bahasa Inggris, kata sapaan untuk pagi hari adalah “good morning” yang sebenarnya berarti harapan agar orang yang disapa dapat merasakan keindahan pagi hari. Untuk tahun baru, ucapan “happy new year” diucapkan sebagai harapan agar yang disapa dapat mengalami kebahagiaan di tahun baru. Untuk menunjukkan rasa senang atas kesuksesan orang lain, kata “congratulations” dipakai seperti kata “selamat”. Dan kata “the Saviour” dipakai untuk Tuhan Yesus karena Ia sudah menyelamatkan orang yang percaya.

Jelas kata selamat mempunyai arti yang luas, terutama bagi umat Kristen. Hanya saja, karena seringnya kita mengucapkannya, mungkin kita jarang memikirkan bahwa maknanya sangat dalam. Seringkali kita mengucapkan kata ini tanpa perlu berpikir lagi. Secara otomatis kata ini keluar dari mulut kita untuk sekedar berbasa basi. Bagi kita orang Kristen, kata ini seharusnya diucapkan dengan kesungguhan karena kita percaya bahwa Tuhanlah sumber keselamatan dan segala kebaikan.

Pagi ini, jika kita mengucapkan “selamat pagi” kepada seseorang, baiklah kita sadar dan mengakui bahwa Tuhanlah yang sudah memberikan apa yang baik dalam hidup kita. Sekalipun kita pada saat ini mengalami kesulitan, tetapi kita tetap menyampaikan harapan agar Tuhan menyertai orang yang kita sapa. Dengan keyakinan dan rasa syukur bahwa Tuhan menjadikan hari ini agar kita bisa merasakan kasihNya, biarlah kita selalu bisa merasakan damai dan sukacita setiap hari dalam keadaan apapun!

“Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.” Roma 15: 13

2 pemikiran pada “Selamat pagi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s