Masih adakah rasa takut anda?

Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” Kejadian 3: 10

Jatuhnya manusia kedalam dosa adalah kejadian yang dikenal oleh semua orang Kristen. Dosa manusia yang pertama yang membawa kejatuhan seluruh umat manusia adalah ketidak taatan manusia akan perintah Allah. Sejak itulah, umat manusia tidak henti-hentinya berbuat dosa di dunia ini.

Pada waktu itu Adam baru saja melanggar perintah Allah untuk tidak memakan buah pengetahuan baik dan buruk di taman Eden. Mereka menyembunyikan diri diantara pohon dan tanaman ketika mereka mendengar bunyi langkah Allah. Allah bertanya kepada Adam: “Dimanakah engkau?”. Dan Adam menjawab bahwa ia bersembunyi karena merasa malu bahwa ia telanjang. Tetapi jawaban itu bukanlah sebab utama mengapa Adam dan Hawa bersembunyi. Mereka sebenarnya sangat takut karena mereka sudah berbuat dosa.

Suatu hal yang menarik dari percakapan antara Tuhan dan Adam dan Hawa sesudah itu adalah pengakuan mereka akan segala apa yang sudah terjadi. Adam dan Hawa sadar bahwa Tuhan maha tahu dan Ia tidak menyukai apa yang mereka perbuat. Mereka tidak dapat terus menerus berbohong atau menyembunyikan dosa mereka, karena mereka betul-betul takut kepada Tuhan.

Apa yang kita lihat sebagai reaksi manusia zaman ini terhadap dosa, kelihatan sangat berbeda dengan reaksi Adam dan Hawa yang diungkapkan diatas. Dalam hal ini, sekalipun tingkat kehidupan manusia makin meninggi, Alkitab menulis bahwa manusia makin menjauhi Tuhan. Takut akan Tuhan itu lebih sulit untuk ditemukan di zaman ini.

“Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. 2 Timotius 3: 2-4

Mengapa manusia bisa berubah sedemikian? Setidaknya ada beberapa alasan.

  1. Manusia merasa Tuhan tidak berkuasa atas hidup mereka.
  2. Manusia merasa Tuhan itu jauh dan tidak tahu, atau tidak peduli atas apa yang mereka perbuat.
  3. Manusia merasa pandai dan lebih suka menuruti hukum dan etika mereka sendiri.
  4. Manusia kehilangan rasa malu dan tanggung jawab atas dosa dan kekeliruan mereka.
  5. Manusia tidak lagi percaya adanya hukuman Tuhan, tidak takut akan kemarahan Tuhan.
  6. Manusia menghalalkan segala cara untuk mencapai kesuksesan, kenyamanan dan kenikmatan.
  7. Manusia melihat kenyataan bahwa orang yang mengaku pengikut Tuhan, hidupnya tidak banyak berbeda dengan orang lain.

Pagi ini kita diperingatkan bahwa sebagai anak-anak Tuhan, kita adalah manusia keturunan Adam dan Hawa. Karena itu, kita pun sebenarnya adalah manusia berdosa yang patut dihukum. Tetapi Tuhan yang maha kasih sudah berjanji bahwa anugerah keselamatan tersedia untuk mereka yang takut akan Tuhan, melalui kematian dan kebangkitan Kristus.

“Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut. Amsal 14: 27

2 pemikiran pada “Masih adakah rasa takut anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s