Tanpa mengasihi hidup kita hancur

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.” Kolose 3: 14

Mukundane – AMASEZERANO.COM

Siapakah yang tidak mengenal nama Tom Jones? Penyanyi terkenal dari Inggris ini sudah membawakan banyak lagu-lagu yang menjadi “top hits” dunia dan sampai sekarang pun masih aktif menyanyi sekalipun sudah berusia 80 tahun. Salah satu lagunya yang terkenal adalah “Without love there is nothing” yang dirilis pada tahun 1970. Lagu patah hati ini menyatakan kepedihan seseorang yang ditinggal kekasihnya. Tanpa cinta hidup seseorang menjadi kosong, itulah arti judulnya.

Memang dalam pandangan umum, setiap manusia membutuhkan orang lain. Karena itu, jika seseorang merasa tidak dikasihi oleh orang lain, hidupnya terasa merana. Memang banyak orang yang hancur hidupnya karena merasa bahwa tidak ada seorang pun yang mengasihinya. Apalagi, jika mereka merasa bahwa banyak orang yang membenci mereka, kesedihan dan kemarahan mungkin bisa membuat mereka tidak tahan untuk terus hidup.

Dalam Alkitab ada orang yang seharusnya hidup merana karena banyak orang yang membencinya. Orang itu adalah Yesus yang turun ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia. tetapi yang justru ditolak oleh kaumNya dan bahkan mati disalibkan. Walaupun demikian, Yesus tidak merana karena Ia dekat dengan Allah Bapa. Kasih dan penyertaan Allah Bapalah yang membuat Yesus tidak bergantung pada perhatian orang lain. Di taman Getsemane, Ia bergumul seorang diri sebelum disalibkan, tetapi Ia justru bisa mengatasi ketakutanNya dengan bertekad untuk memberikan kasihNya untuk menebus umat manusia yang berdosa.

Kesediaan untuk memberikan kasih adalah sesuatu yang membuat orang bisa bertahan untuk hidup. Ini adalah ajaran Alkitab. Sebaliknya, ajaran dunia adalah kita bisa hidup jika ada orang yang mengasihi kita. Bagi umat Kristen, kesadaran bahwa Tuhan mengasihi mereka adalah satu kunci kekuatan. Lebih dari itu orang Kristen percaya bahwa hidup manusia adalah untuk mengasihi. Mengasihi Tuhan yang sudah lebih dulu mengasihi kita, dan mengasihi sesama manusia karena Tuhan juga mengasihi semua ciptaanNya.

Banyak orang yang merasa hancur hidupnya ketika dilupakan atau diabaikan orang lain. Karena merasa tidak dikasihi orang lain, hidup terasa sia-sia. Ini banyak terjadi dalam hidup sehari-hari, dan bukan saja menyangkut hubungan antara dua kekasih. Orang bisa saja kehilangan motivasi hidup jika merasa bahwa teman-teman sekantor, sesekolah atau pun segereja sudah mengucilkan atau menganak-tirikan dirinya. Karena perasaan bahwa dirinya tidak diperhatikan atau disayangi orang lain, seseorang bisa patah hati.

Sebagai orang Kristen seharusnya kita berbeda dengan orang lain yang tidak mengenal Kristus. Orang yang beriman percaya bahwa ia sudah menerima kasih yang terbesar dari Kristus. Karena itu perlakuan orang lain kepadanya bukanlah sesuatu yang utama. Apa yang utama bagi orang Kristen adalah kesempatan untuk bisa mengasihi orang lain. Jika kita tidak mau atau bisa mengasihi orang lain, lambat laun hidup kita akan menjadi merana. Ayat di atas menyatakan bahwa mengasihi orang lain adalah suatu tindakan yang mempersatukan dan menyempurnakan kehidupan umat manusia. Oleh karena itu adalah lebih baik bagi kita untuk mengasihi daripada mengharapkan kasih orang lain. Kasih Tuhan sudah cukup bagi kita, tetapi dengan mengasihi orang lain kita akan membawa kemuliaan bagi Tuhan. Inilah yang membuat hidup kita menjadi berarti dan kuat dalam menghadapi keadaan apapun.

“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihiNya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.” Kolose 3: 12 – 13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s