Sudahkan Yesus hidup dalamku?

“Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” Galatia 2: 20

Barangkali anda pernah bertanya apa yang terjadi sesudah seseorang percaya kepada Yesus sebagai Juruselamatnya. Adakah sesuatu yang berubah dalam hidup seseorang yang sudah menyerahkan hidupnya kepada Yesus? Mungkin syair lagu dibawah ini bisa memberi gambaran tentang apa yang terjadi dalam hidup baru seseorang yang sudah dilahirkan kembali.

Hidupku bukannya aku lagi,

tapi Yesus dalamku

Yesus hidup

Yesus hidup dalamku

Hidupku bukannya aku lagi,

tapi Yesus dalamku

Lagu yang liriknya sederhana ini adalah berdasarkan ayat Galatia 2: 20. Lagu ini adalah salah satu lagu terkenal yang mungkin sekarang jarang dinyanyikan di gereja karena adanya lagu-lagu baru yang lebih menarik syair dan nadanya. Padahal, apa yang ada dalam lagu ini adalah suatu yang sangat penting, yang menandai hidup baru seseorang yang sudah ditebus Kristus.

Orang yang sudah lahir baru adalah sebuah ciptaan yang baru dalam Kristus.

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” 2 Korintus 5: 17

Sebagai ciptaan baru, orang itu telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk mengenal jalan keselamatan dan sudah menerima Yesus sebagai Tuhannya. Orang yang demikian tidak hanya mengaku dengan mulut dan pikirannya bahwa Yesus itu Tuhan, tetapi juga mempersilahkan Yesus untuk masuk kedalam hati dan menguasai hidupnya.

Orang yang sudah benar-benar menerima Kristus pasti akan berubah hidupnya. Bukannya hidup orang itu berubah seperti Kristus hidup dalamnya, tetapi hidup orang itu menjadi hidup Kristus karena Ia sendiri melalui Roh Kudus memang hidup didalamnya. Dengan membiarkan Kristus tinggal didalam hidup kita dan memegang kendali hidup kita, tidak dapat kita hindari bahwa makin lama apa yang kita lakukan adalah apa yang akan Yesus lakukan dalam keadaan yang sama. Segala yang kita perbuat, pikir atau katakan menjadi selaras dengan kehendak Tuhan.

Pada hari Minggu ini kita mendapat kesempatan untuk memikirkan berapa lama kita mengenal Yesus. Sejak kapan kita mengaku bahwa Yesus itu Tuhan dan apakah hidup kita sudah selaras dengan hidup Kristus. Baik dalam kegembiraan, kesedihan, kemarahan, ketegangan dan ketakutan, kita harus bisa melihat apakah reaksi kita sudah sesuai dengan Yesus yang pernah menjadi manusia seperti kita. Dengan itu, kita juga bisa menganalisa hidup kita sampai sekarang, untuk menyadari apakah Yesus benar-benar sudah hidup didalam kita.

3 pemikiran pada “Sudahkan Yesus hidup dalamku?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s