Hidup sebagai selebriti

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” Matius 5: 14

Anda sering membaca berita tentang selebriti di media? Jika ya, tiap hari tentunya anda bisa menemukan berita apa saja yang terjadi dalam kehidupan mereka. Sekalipun anda kurang suka membaca berita-berita semacam itu, hampir setiap media cetak maupun internet selalu menampilkan cerita tentang orang-orang yang terkenal dan gaya hidup mereka.

Mereka yang menjadi selebriti biasanya mempunyai penampilan, kelakuan, kemampuan dan pekerjaan yang membuat mereka dikenal banyak orang. Sayang sekali, banyak diantara mereka adalah orang-orang yang hidupnya kacau. Kejadian seperti perselingkuhan, pertengkaran, pelecehan dan sebagainya, membuat sebagian besar selebriti dikenal sebagai orang-orang yang tidak baik. Karena itu, sebutan selebriti biasanya mempunyai konotasi yang kurang baik.

Mereka yang menjadi selebriti besar biasanya adalah orang-orang yang berkelimpahan karena mereka sudah mendapat perhatian masyarakat dan kemasyhuran. Dengan status itu, seringkali mereka merasa bahwa mereka boleh melakukan apa yang mereka maui. Walaupun demikian, diantara selebriti di dunia ini ada juga yang hidupnya sederhana, rendah hati, dan dapat dipercaya.

Yesus dan pengikutNya dari awalnya adalah orang-orang yang lain dari yang lain, yang selalu disorot masyarakat. Sebagian orang berpendapat bahwa Yesus adalah seorang selebriti, walaupun apa yang dikerjakannya adalah semata-mata untuk kemuliaan Allah Bapa. Seperti itu, sebagai orang Kristen, sebenarnya kita juga dapat digolongkan sebagai selebriti (dalam arti yang baik) karena masyarakat melihat kita sebagai orang-orang yang menarik perhatian. Ayat diatas menyebutkan bahwa kita adalah terang dunia, yang bisa dilihat semua orang. Baik di rumah, di sekolah, di kantor dan dimana saja, masyarakat melihat atau mengharapkan kita sebagai orang-orang yang mempunyai cara hidup dan tingkah laku yang baik.

Dalam lingkungan hidup kita, kita mungkin dikenal sebagai pengikut Kristus yang mendapat karunia keselamatan. Sudah sepantasnya kalau kita adalah orang-orang yang berbahagia. Tetapi, itu belum tentu terlihat dari hidup kita. Kita adalah murid Yesus, Anak Allah yang sudah merendahkan diriNya untuk datang ke dunia, tetapi kita belum tentu terlihat sebagai orang-orang yang sederhana dan rendah hati. Sekalipun Tuhan kita mahatahu, belum tentu kita hidup jujur dan bisa dipercaya.

Pagi ini kita diingatkan bahwa kita adalah seperti selebriti surgawi. Sekalipun kita masih hidup di dunia, kita bukanlah selebriti dunia yang mencari kemasyhuran diri sendiri. Sebagai orang-orang yang dikenal oleh banyak orang lain, orang Kristen haruslah berusaha untuk mempermuliakan Tuhan dalam segala segi kehidupan. Kita adalah terang dunia, dan semua orang bisa melihat cara hidup kita.

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5: 16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s