Bergumul dalam menantikan anugerah Tuhan

Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” Kejadian 32: 28

Pernahkah anda menonton pertandingan gulat? Pertandingan gulat (wrestling) yang ada di TV seringkali hanyalah untuk konsumsi mereka yang senang menonton pertunjukan atau entertainment.  Pertandingan gulat yang asli menghadapkan dua orang yang benar-benar bertanding dan bukan hanya berpura-pura bertanding. Karena itu, dalam pertandingan gulat seperti itu cedera sering terjadi.

Dalam ayat diatas tertulis bahwa Yakub sudah bergumul dengan seseorang dan Yakub menang. Pergumulan Yakub mungkin bisa dibayangkan seperti pertandingan gulat, dimana Yakub pada akhirnya mengalami cedera pada sendi di pangkal pahanya. Yakub sejak itu timpang, dan pengalaman itu membuatnya menjadi manusia yang berbeda sikap hidupnya.

Dengan siapakah Yakub bergumul pada waktu itu? Yakub bergumul dengan orang yang tidak dikenalnya, tetapi ia sadar bahwa orang itu utusan Tuhan. Pergumulan Yakub bukan sekedar perkelahian, tetapi lebih menyerupai permohonan yang sungguh-sungguh agar ia diberkati. Yakub orang yang nampaknya kurang jujur dan egois itu, mengalami pergumulan hidup yang tidak dapat diatasinya dengan kekuatan sendiri. Karena itu, ketika ia mendapatkan kesempatan, ia benar-benar mau bergumul untuk mendapat pertolongan Tuhan.

Banyak penafsir Alkitab yang menulis bahwa orang yang bergumul dengan Yakub adalah malaikat utusan Tuhan. Tetapi banyak juga yang menafsirkan bahwa Yakub bergumul dengan Tuhan Yesus yang belum turun ke dunia sebagai manusia. Apapun yang sebenarnya terjadi, Yakub bergumul dalam menghadapi Tuhan ketika ia berada dalam situasi yang benar-benar kritis atau desperate. Jika Yakub tidak mendapat berkat Tuhan, ia tidak akan bisa melihat hari depan dengan keyakinan.

Ayat diatas menggambarkan Yakub yang “menang” dalam pergumulannya dengan Tuhan. Secara fisik, Yakub kalah dengan cedera berat. Tetapi secara rohani, Yakub mendapat kemenangan hanya karena Tuhan dengan belas kasihan dan karuniaNya melihat bahwa Yakub benar-benar membutuhkan berkat penyertaanNya. Pergumulan Yakub menunjukkan imannya yang percaya bahwa Tuhan adalah satu-satunya sumber keselamatan dan kekuatannya.

Pagi ini, adakah masalah kehidupan yang berat yang harus anda hadapi? Apakah anda sudah menggumulkan semua itu dengan Tuhan? Apakah anda mempunyai iman bahwa Tuhan adalah Tuhan yang mahakuasa dan yang mahakasih? Tahukah anda bahwa Tuhan ingin melihat kesungguhan dalam hati kita untuk menjadi umatNya yang bergantung kepadaNya dalam setiap keadaan? Seperti Yakub yang sudah diberi kemenangan dan kedamaian oleh Tuhan, Tuhan bisa memberikan kemenangan atas kekuatiran dan kedamaian hidup kepada mereka yang percaya bahwa Dia adalah Tuhan yang memegang kemudi kehidupan manusia.

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” Filipi 4: 6 – 7

Satu pemikiran pada “Bergumul dalam menantikan anugerah Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s