Jangan mudah terkecoh

“Ketika aku memberi perhatianku untuk memahami hikmat dan melihat kegiatan yang dilakukan orang di dunia tanpa mengantuk siang malam, maka nyatalah kepadaku, bahwa manusia tidak dapat menyelami segala pekerjaan Allah, yang dilakukan-Nya di bawah matahari. Bagaimanapun juga manusia berlelah-lelah mencarinya, ia tidak akan menyelaminya. Walaupun orang yang berhikmat mengatakan, bahwa ia mengetahuinya, namun ia tidak dapat menyelaminya.” Pengkhotbah 8: 16 – 17

Kejadian terbakarnya katedral Notre Dame di Paris kemarin dulu adalah berita yang membuat banyak orang merasa masygul. Sebagian orang merasa sedih karena bangunan yang  sudah berumur ratusan tahun itu merupakan bentuk arsitektur yang luar biasa. Mereka yang merasa ikut memiliki gedung gereja itu merasa sedih karena kerusakan berat yang sudah terjadi.

Sebagaimana biasa, kejadian yang diluar kontrol manusia yang muncul di dunia ini selalu ditanggapi oleh sebagian orang menurut pandangan pribadi mereka. Ada yang berpikir bahwa sebuah musibah seperti diatas adalah tanda kemarahan Tuhan, tetapi ada yang berpendapat bahwa manusialah yang menyebabkannya. Selain itu, ada orang yang menghubungkannya dengan hal-hal lain yang menunjuk pada datangnya akhir zaman, dan ada juga yang mengartikan bahwa semua itu hanyalah kecelakaan.

Mengapa orang bisa mempunyai obsesi yang besar tentang apa yang dipikirkan Tuhan? Memang, jika kita lihat dari awalnya, Adam dan Hawa berbuat dosa di taman Firdaus karena hal yang sama. Mereka melanggar perintah Tuhan karena mereka ingin seperti Tuhan. Manusia merasa puas jika ia dapat melihat apa yang akan terjadi, dapat menilai baik dan buruknya situasi, dan dapat mengambil tindakan dini (pre-emptive action) untuk mengatasi segala persoalan.

Sebenarnya, dengan keinginan manusia untuk memperkirakan apa yang akan terjadi, untuk mengartikan apa yang sudah terjadi dan untuk mempersiapkan diri untuk masa depan itu tidak ada salahnya jika dilakukan dalam batas-batas yang wajar sebagai manusia. Setiap manusia diberi kebebasan atau freedom oleh Tuhan untuk mengatur hidupnya. Banyak ilmu pengetahuan yang sekarang ada mempunyai cara-cara tertentu untuk mengamati keadaan, mengukur apa yang terjadi, dan kemudian membuat prognosis atau perkiraan, dan juga plan atau rencana untuk masa depan. Ilmu kedokteran misalnya, bisa menilai kesehatan seseorang dan membuat perkiraan tentang keadaan dan rencana perawatan untuk tahun-tahun mendatang. Tetapi, dari ayat diatas  kita sadar bahwa manusia sebenarnya tidak tahu apa yang  direncanakan dan diperbuat Tuhan.

Mereka yang gemar mendengar “ramalan” orang-orang tertentu untuk masa depan, atau yang suka mengartikan “tanda-tanda ajaib”, mungkin tidak menyadari bahwa Tuhan dengan kebesaranNya tidak dapat diukur manusia. Apa yang dilakukan dan direncanakanNya, selain apa yang tertulis dalam Alkitab, tidaklah dapat kita ketahui detailnya. Selain itu, apa yang tertulis dalam Alkitab pun tidak mudah bagi kita untuk mengartikannya. Memang, jika semua yang direncanakan Tuhan di bumi dan di surga mudah diketahui dan dipelajari, tentu saja iblis akan mudah untuk menghindarinya atau mengacaukannya. Begitu juga, jika segala tindakan Tuhan mudah diterka manusia, Tuhan bukanlah Tuhan yang mahakuasa dan mahabijaksana karena manusia akan selalu dapat menanggapinya.

Pagi ini, firman Tuhan mengingatkan kita bahwa sebagai umat Kristen kita tidak boleh mudah dipengaruhi oleh  berbagai pendapat dan pandangan manusia atas apa yang terjadi atau apa yang akan terjadi di dunia. Mereka yang ingin mencoba untuk meramalkan apa yang akan terjadi hanyalah bisa melakukannya sebatas kekuatan manusia. Mereka yang mengaku atau dikenal sebagai orang yang dapat melihat ke masa depan mungkin saja sudah dipengaruhi oleh kuasa gelap. Memang orang yang mudah dipengaruhi oleh berbagai pendapat yang tidak benar dan kebohongan, akan mudah teombang-ambing dalam hidup dan iman mereka. Sebaliknya, bagi mereka yang benar-benar beriman, Tuhan yang mahakuasa adalah Tuhan yang memegang kendali dan karena itu mereka tidak akan mudah terperosok kedalam tipu muslihat iblis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s