Harapan masa depan dan tugas masa kini

“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.” Wahyu 21: 4

Australia baru saja mengadakan pemilihan umum minggu lalu. Dari hasil penghitungan suara selama kurang lebih 6 jam setelah pemilu selesai, sudah dapat dipastikan bahwa perdana menteri yang sekarang mendapat mandat untuk 3 tahun lagi. Rakyat secara demokrasi sudah memilih seorang pemimpin negara untuk mewujudkan apa yang dijanjikannya selama berkampanye.

Adalah sudah menjadi rahasia umum bahwa selama berkampanye, mereka yang ingin terjun ke dunia politik selalu berusaha keras untuk mengajak rakyat untuk memilih mereka. Untuk itu, mereka seakan berlomba-lomba untuk menjanjikan hal-hal yang besar dan hebat untuk rakyat. Dalam kenyataannya, tidak semua yang dijanjikan itu bisa dicapai dalam kurun waktu yang ada. Itu bisa karena adanya salah perhitungan, kekurangan dana, perubahan situasi dan sebab-sebab lain.

Secara umum, sebenarnya semua pemimpin negara ingin untuk memajukan negaranya dan mau mendatangkan kesejahteraan bagi seluruh rakyatnya. Memang, adanya pemerintah tentunya ditujukan untuk membawa kemajuan dan kemakmuran bangsa sehingga semua orang bisa menikmati hidup yang baik dalam hal sosial, ekonomi, bisnis, pendidikan, teknologi dan lain-lain. Walaupun begitu, di negara manapun selalu tetap ada rakyat yang menderita. Air mata, dukacita, kekurangan, penyakit, kematian, perkabungan selalu ada, dan merupakan bagian hidup manusia di dunia.

Pagi ini, jika kita merasa bahwa hidup di dunia ini sangat berat, ayat dari kitab Wahyu diatas menjelaskan bahwa keadaan di surga adalah sangat berbeda dari keadaan di dunia. Di surga, Tuhan akan menghapus segala air mata dari mata setiap orang yang diselamatkan, dan kematian tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi dukacita, sebab segala sesuatu yang fana sudah lenyap diganti dengan sukacita yang kekal.

Hidup di surga adalah tujuan setiap orang percaya. Berbeda dengan janji manusia, apa yang sudah dijanjikan Tuhan kepada umatNya pasti akan dipenuhiNya karena Tuhan adalah Allah yang setia dengan janjiNya dan sanggup mewujudkan semua rencanaNya. Dalam hal ini, apakah segala apa yang kita alami di dunia ini sia-sia? Untuk apa kita berjuang dalam hidup di dunia ini?

Selama hidup di dunia, sebagai orang Kristen kita memang mengarahkan pandangan kita menuju apa yang indah, yang sudah dijanjikan Tuhan. Walaupun demikian, selagi kita masih hidup di dunia kita wajib untuk bekerja untuk membangun negara dan bangsa kita dengan memakai keadaan di surga sebagai contoh dan model bagi perjuangan kita. Biarlah melalui hidup kita makin banyak orang yang bisa merasakan penyertaan Tuhan atas perjuangan hidup mereka dan mau berharap kepada kebahagiaan yang sempurna di surga sebagai anak-anak Allah!

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5: 16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s