Ke gereja agar makin banyak yang diselamatkan

“Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.” Kisah Para Rasul 2: 46 – 47

Apakah setiap orang yang mengaku Kristen pergi ke gereja secara rutin? Jawabnya: belum tentu. Bukan saja di Australia, di negara lain pun banyak orang Kristen yang tidak pergi ke gereja setiap minggu. Kebanyakan orang seperti itu hanya ke gereja jika ada kebaktian khusus, seperti Natal dan Paskah. Di luar itu, mereka mungkin ke gereja hanya kadang-kadang saja.

Mengapa ada orang yang mengaku Kristen tetapi jarang ke gereja? Ada banyak sebabnya. Mungkin saja mereka belum betul-betul Kristen, tetapi pernah hidup di lingkungan orang Kristen. Mereka mungkin simpatisan, tetapi bukan benar-benar punya komitmen. Selain itu ada orang yang kurang berhasil menemukan gereja yang cocok, sehingga lama-lama tidak lagi berminat untuk ke gereja. Lalu ada juga orang yang terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan hidup sehingga tidak punya waktu untuk ke gereja.

Sebenarnya, apakah ke gereja itu penting jika seseorang bisa berhubungan dengan Tuhan dengan teratur secara pribadi? Bukankah Tuhan ada dimana-mana, dan bukan hanya di gereja? Pertanyaan ini sering dikemukakan oleh mereka yang memilih untuk tinggal di rumah dan membaca Alkitab serta berdoa seorang diri. Mereka tidak merasakan manfaat untuk bersekutu dengan saudara-saudara seiman.

Berbeda dengan keadaan masa kini dimana orang bisa mempelajari firman Tuhan dengan membaca buku penuntun Alkitab, mempelajari berbagai tulisan di internet, menonton video atau TV yang menayangkan kebaktian atau khotbah di gereja tertentu, pada zaman rasul-rasul orang Kristen bertekun dengan sehati dan berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Pada waktu itu, persekutuan dengan saudara seiman adalah satu hal yang mutlak diperlukan. Mereka mempunyai keinginan yang besar untuk memuji Tuhan dan menikmati berkat Tuhan secara kekeluargaan.

Karena persekutuan dengan saudara seiman adalah sesuatu yang dilaksanakan sebagai pernyataan kasih, tidaklah mengherankan bahwa banyak orang yang ingin untuk ikut dalam kebaktian. Memang dengan adanya orang-orang Kristen yang terlihat gembira hidupnya dan tulus hati serta beriman, orang lain jadi ikut tertarik untuk ikut merasakannya.

Apa yang membuat orang Kristen rajin ke gereja, giat bersekutu dengan mereka yang seiman? Di banyak tempat, pertanyaan ini mungkin mulai jarang dilontarkan oleh mereka yang belum beriman. Jika ada banyak orang Kristen yang jarang ke gereja, dan kalau rasa gembira dan persekutuan dalam kasih di antara umat Kristen makin melemah, tentu saja orang lain menjadi kurang tertarik untuk menjadi pengikut Kristus selama hidup di dunia.

Gereja adalah persekutuan orang percaya, dan dengan adanya persatuan kasih di antara umat Kristen, gereja bisa menjadi seperti “magnit” yang menarik orang yang belum mengenal Injil Keselamatan untuk datang dan ikut merasakan kasih Kristus. Itu karena Tuhan bekerja dalam lingkungan yang baik. Setiap orang Kristen yang ingin melaksanakan Amanat Agung untuk mengabarkan Injil sudah tentu bisa merasakan adanya kerinduan untuk ke gereja secara rutin agar nama Tuhan makin dibesarkan di dunia. Dengan demikian, pergi ke gereja seharusnya bukan hanya untuk kepentingan kita, tetapi lebih penting untuk kemuliaan Tuhan!

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5: 16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s