Jangan ragukan Tuhan

Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu!” Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lukas 24: 36 – 38

See the source image

Bagi banyak orang munculnya kasus COVID-19 adalah sebuah kejutan. Sebenarnya, kasus ini untuk pertama kalinya muncul di akhir tahun 2019, ketika sebuah penyakit misterius dilaporkan di Wuhan, China. Penyebab penyakit ini segera dikonfirmasi sebagai jenis baru coronavirus (SARS-Cov-2) yang sejak itu menyebar ke banyak negara di seluruh dunia. Pandemi virus ini dipastikan telah mencapai Australia pada 25 Januari 2020 di propinsi Victoria, ketika seorang pria yang kembali dari Wuhan, dinyatakan positif. Sejak itu, pemerintah Australia memulai persiapan untuk menghadapi datangnya pandemi. Pada tanggal 30 Januari 2020, WHO sudah mendeklarasikan wabah ini sebagai ancaman kesehatan masyarakat internasional; tetapi Direktur Jenderal WHO baru menetapkan COVID-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020. Sebagai akibatnya, perbatasan Australia ditutup untuk semua orang yang bukan penduduk  mulai tanggal 20 Maret 2020.

Adanya kejutan yang datang dalam hidup manusia sebenarnya tidak harus diterima sebagai hal yang luar biasa. Adalah normal jika apa yang tidak disangka muncul pada suatu saat. Walaupun demikian, apa yang tidak disangka dan bisa membuat kejutan besar adalah munculnya hal-hal signifikan yang tidak diinginkan, yang membuat orang kelabakan. Selain itu, kejutan mungkin terjadi jika sesuatu yang menakutkan atau mengerikan muncul dengan tiba-tiba di depan mata. Mereka yang terkejut bisa saja mengalami kelumpuhan atau merasa lemah, setidaknya untuk sementara, karena tidak mengerti apa yang sudah terjadi dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Pada pihak yang lain, kejutan belum tentu merupakan hal yang buruk, karena kabar baik yang datang secara tiba-tiba juga bisa membuat orang kaget, tidak percaya dan kehilangan akal sehat.

Pada saat itu murid-murid Yesus sedang berkumpul dan bercakap-cakap tentang Yesus yang sudah bangkit dan menampakkan diri kepada Simon. Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu!” . Sekalipun mereka mendengar bahwa Yesus sudah bangkit, para murid ternyata tidak yakin akan hal itu. Sekalipun apa yang terjadi adalah sesuatu yang baik, mereka tetap terkejut. Bagaimana manusia bisa bangkit setelah dikubur tiga hari?  Tidaklah mengherankan bahwa mereka terkejut dan takut, dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. Manusia biasa tidak dapat bangkit dari kematian dan tidak dapat muncul dengan tiba-tiba tanpa melalui pintu masuk. Mereka dapat melihat adanya Yesus tetapi ragu-ragu apakah itu benar-benar  Dia. Karena itu Yesus berkata kepada mereka: “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? “.

Mengapa kita harus terkejut melihat datangnya kekacauan di dunia? Mengapa kita terkejut jika ada hal yang tidak disangka datang? Dan mengapa pula kita harus terkejut jika kita diingatkan bahwa Tuhan yang mahahadir tentunya ada di tengah badai kehidupan kita? Perasaan dan pikiran kita mungkin kurang bisa menerima bahwa kekacauan yang terjadi di dunia saat ini tidaklah lepas dari pandangan mata Tuhan. Tuhan tidak mungkin ada ditengah malapetaka yang sudah membuat kita terkejut dan takut. Jika Tuhan memang ada, tentunya semua bencana ini tidak akan  terjadi, begitu mungkin pikir banyak orang.

Walaupun demikian, seperti apa yang terjadi pada murid-murid Yesus, Tuhan yang tidak pernah kehilangan kontrol atas keadaan dunia ini pada waktunya bisa membuat kita heran dengan apa yang diperbuatNya. Jika kita ragu-ragu bahwa Ia ada dimana-mana dan Ia mahakuasa dan mahakasih, adalah sulit bagi kita untuk mengharapkan munculnya Tuhan.  Sebaliknya, jika kita yakin bahwa Ia adalah Tuhan yang mahakuasa, kita akan mempunyai keyakinan bahwa pada saat yang tepat Ia akan muncul dan menyatakan kuasa pertolonganNya. Jangan takut, jangan ragu-ragu dan jangan sampai terkejut jika Ia bertindak! Damai sejahtera pasti datang bagi orang yang percaya!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s