Tetaplah teguh dalam pekerjaan Tuhan

“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.” 1 Korintus 15: 58

Saat ini keadaan yang suram di dunia mempengaruhi segala aktivitas manusia. Dengan tidak adanya kepastian kapan pandemi COVID-19 ini akan berakhir, keadaan ekonomi dan sosial hampir semua bangsa di dunia sudah dapat dipastikan mengalami kemunduran. Lebih dari itu, ada kemungkinan bahwa keadaan dunia setelah pandemi ini akan menjadi lebih kacau karena semua negara akan berusaha keras untuk secepatnya bangkit kembali, dan dengan demikian persaingan dan pertentangan antar negara akan makin terlihat.

Dalam keadaan yang kacau saat ini, tidak dapat diragukan bahwa banyak gereja juga mengalami goncangan. Karena kegiatan gereja sudah terhenti cukup lama, saat ini kas keuangan banyak gereja sudah menjadi kosong. Tidak itu saja, banyak jemaat yang sudah lama tidak dapat berbakti bersama-sama di gereja sekarang ini mulai berkurang dalam semangat untuk melayani sesama. Sayang bahwa dalam suasana yang suram saat ini gereja justru tidak dapat memelihara jemaatnya dengan optimal. Kemunduran lebih lanjut yang akan terjadi pada umat Kristen dan misi gereja di masa mendatang sudah tentu sulit untuk dihindari.

Keadaan dunia dan negara memang bisa membuat orang yang pemberani dan bersemangat tinggi menjadi orang yang seringkali kuatir dan tidak yakin dalam menghadapi masa depan. Keadaan yang serupa mungkin dihadapi oleh orang-orang Kristen yang pertama. Tetapi, kita tahu bahwa pada saat itu umat Kristen justru kuat bertahan dalam iman sekalipun harus menghadapi penganiayaan dan berbagai penderitaan. Itu dinyatakan oleh Rasul Paulus dalam kitab Korintus.

“Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.” 2 Korintus 4: 8 – 9

Apa yang bisa kita kerjakan dalam masa yang sulit saat ini untuk bisa menghasilkan sesuatu yang baik, yang berguna untuk Tuhan dan sesama? Paulus dalam ayat pembukaan di atas menulis kepada jemaat di Korintus agar mereka tetap berdiri teguh, tidak goyah, dan selalu giat dalam pekerjaan Tuhan. Mengapa demikian? Itu karena kita tahu bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payah kita tidak sia-sia. Tuhan selalu menyertai dan memberkati umatNya yang mau memakai hidup mereka untuk kemuliaanNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s