Pakaian yang bagaimana?

“Seorang perempuan janganlah memakai pakaian laki-laki dan seorang laki-laki janganlah mengenakan pakaian perempuan, sebab setiap orang yang melakukan hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.” Ulangan 22: 5

Kilt: pakaian tradisionil pria Skotlandia

Di zaman modern ini kita bisa melihat adanya kaum wanita yang memakai pakaian seperti pakaian pria, dan sebaliknya ada juga kaum pria yang berdandan seperti wanita walaupun jumlahnya tidak terlalu mencolok mata. Apakah wanita Kristen tidak boleh memakai celana panjang, celana pendek atau jeans adalah hal yang dipertanyakan sejak lama.

Ayat di atas digunakan beberapa orang untuk membahas masalah wanita yang memakai celana atau jeans. Ayat itu adalah perintah bagi Israel untuk mempertahankan perbedaan gender melalui bentuk pakaian mereka; dan ayat itu juga melarang orang untuk memakai pakaian yang bukan untuk jenisnya. Karena tidak ada orang Israel pada waktu itu yang mengenakan celana panjang atau celana pendek (pria dan wanita pada waktu itu memakai jubah), kita harus bertanya pada diri sendiri apakah ayat itu cocok untuk budaya yang berbeda. Perlu diketahui, di negara-negara tertentu baik pria maupun wanita memakai celana panjang.

Alkitab mengajarkan bahwa secara umum, pria dan wanita harus berpakaian dengan cara yang sesuai dengan budaya mereka untuk menunjukkan adanya perbedaan gender. Ulangan 22: 5 tidak melarang pria Skotlandia memakai kilt, dan tidak melarang wanita di mana pun memakai celana panjang, selama mereka tidak berusaha untuk terlihat seperti lawan jenisnya. Kesetiaan seorang pengikut Allah tidak diukur dengan pakaian apa yang terlihat dari luar, tetapi dengan apa yang ada dalam hati dan hidup mereka (Galatia 5:16).

Umat ​​Kristen tidak berada di bawah hukum; sebaliknya, kita dibenarkan oleh iman kepada Kristus (Roma 3: 21–28). Orang percaya dalam Kristus Yesus sudah dibebaskan dari kuasa hukum Taurat. Seorang percaya dengan demikian tidak hidup dengan legalisme, atau dengan surat izin, melainkan oleh kasih karunia bisa hidup merdeka menurut bimbingan Roh Kudus.

Alkitab tidak memuat perintah yang mengatur jenis pakaian yang harus dikenakan seorang wanita atau pun pria. Tidak ada bagian yang menyebutkan gaun, rok, celana, atau celana panjang sebagai “pakaian seragam” gender tertentu. Apa yang disampaikan Alkitab adalah perlunya kesopanan serta pernyataan perbedaan gender. Paulus pernah berbicara kepada wanita Kristen pada zamannya tentang pakaian dan menyatakan bahwa ia ingin mereka menunjukkan pakaian yang sopan dan sepantasnya, bukan dengan rambut dikepang atau emas atau mutiara atau pakaian mahal, tetapi dengan memperlihatkan perbuatan baik, seperti yang diharapkan dari wanita yang mengaku menyembah Tuhan (1 Timotius 2: 9–10). Baik wanita maupun pria yang menyembah Tuhan harus berpakaian pantas, dan pilihan pakaian mereka harus mencerminkan kerendahan hati dan bukannya kesombongan; ketertiban dan bukannya kecerobohan; sopan dan bukannya tidak senonoh; sepantasnya dan bukannya berlebihan.

Secara alkitabiah, setiap orang harus mengenakan pakaian yang sopan, sesuai dengan jenis kelaminnya dan untuk situasinya. Apakah ada celana yang dibuat khusus untuk wanita yang sederhana dan sesuai untuk beberapa situasi? Tentu, dan wanita Kristen bebas memakainya. Pada pihak yang lain, adakah perintah alkitabiah bahwa seorang wanita harus mengenakan celana panjang? Tidak ada. Wanita Kristen bebas untuk mengenakan gaun atau rok jika itu pilihannya dan bisa diterima masyarakat. Semua ini bergantung pada hati nurani seorang wanita di hadapan Tuhannya. Begitu juga seorang pria boleh saja memakai topi atau kalung dan tidak perlu merasa bahwa ia sudah menyalahi perintah Tuhan. Apa yang perlu adalah bahwa setiap orang mau menerima kodratnya sebagai seorang pria atau seorang wanita, dan mau memuliakan Tuhan melalui hidupnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s