Yesus adalah Tuhan dan Mesias

Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.” Matius 16: 15 – 17

Alkitab mencatat adanya berbagai mukjizat Yesus terjadi di sekitar danau Tiberias, seperti berjalan di atas air, meneduhkan angin ribut dan memberi makan ribuan orang. Mungkin dapat kita bayangkan bahwa murid-murid Yesus yang melihat semua itu tentunya merasa heran dan takjub. Walaupun demikian, semua itu tidak membuat mereka mengerti bahwa Yesus adalah Mesias jika hati mereka tidak disentuh oleh Tuhan sendiri. Seperti itu, sampai saat ini keajaiban kuasa Tuhan terjadi di seluruh penjuru dunia tetapi tidak semua orang akan dapat merasakan atau melihatnya jika Tuhan tidak menyatakannya kepada mereka.

Pada waktu berkunjung ke Kaisarea Filipi, Yesus bertanya kepada murid-murid-Nya apa kata orang tentang diri-Nya. Murid-murid menjawab bahwa sebagian orang berpendapat bahwa Yesus adalah Yohanes Pembaptis, tetapi ada juga yang mengatakan Yesus adalah Elia dan ada pula yang mengatakan Yeremia atau salah seorang dari para nabi. Setelah mendengar jawaban murid-murid-Nya, Yesus bertanya: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Hanya Petrus yang bisa menjawab dengan tepat: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”

Bagaimana Petrus dapat mengerti bahwa Yesus adalah Mesias dan penjelmaan Allah? Jika murid yang lain bungkam, Petrus dengan yakin dan lantang mengakui Yesus sebagai Tuhan. Ini adalah suatu keajaiban besar yang sering dilupakan orang Kristen. Seperti itulah, dengan usaha sendiri kita tidak dapat mengenal Yesus.

Di zaman ini, ada banyak orang yang mengenal nama Yesus, tetapi tidak semua mengakui bahwa Ia adalah Tuhan. Bahkan, sebagian orang yang mengaku Kristen tidak percaya bahwa Yesus adalah satu dengan Allah Bapa dan Roh Kudus. Mereka tidak mengakui Yesus sebagai Mesias yang datang ke dunia untuk menyelamatkan mereka yang percaya, sekalipun Alkitab dengan jelas menyatakannya.

“Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah.” 1 Yohanes 4: 15

Apakah saat ini anda benar-benar mengakui Yesus adalah Mesias dan Tuhan? Jika ya, anda sudah menerima mukjizat besar dari Allah. Dengan demikian, hidup anda seharusnya penuh dengan sukacita karena anda sudah dikenal oleh Allah sebagai anak-Nya. Dengan keyakinan ini anda akan kuat dalam menghadapi segala tantangan kehidupan. Ataukah masih ada rasa sangsi dalam hati anda mengenai siapa Yesus yang sebenarnya? Jika memang demikian, berdoalah kepada Allah agar terang-Nya menghilangkan kabut keraguan anda.

“Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.” Yohanes 20: 30-31

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s