Kekuatan yang tidak bisa hilang

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.” 2 Korintus 4:16

Badai salju dan turunnya suhu yang luar biasa di Amerika minggu lalu membuat banyak negara bagian mengalami krisis energi. Di kala banyak orang memerlukan tenaga listrik untuk pemanas ruangan, sebagian daerah padam aliiran listriknya sehingga orang harus mencari jalan lain untuk dapat tetap hidup dan makan. Memang, sebagai manusia modern kita memerlukan tenaga listrik untuk kegiatan apa pun; dan jika ini tidak dapat diproduksi atau disalurkan ke konsumen, kekacauan dan penderitaan akan terjadi.

Banyak negara sekarang sudah beralih dari pemakaian tenaga listrik yang berasal dari hasil tambang, seperti minyak dan batubara, menuju ke arah penggunaan energi listrik dari tenaga angin atau ombak laut yang lebih langgeng. Tetapi, untuk menghasilkan tenaga listrik yang cukup besar dan lebih ekonomis sebagian orang berpendapat bahwa kita sebenarnya membutuhkan pembangkit listrik bertenaga nuklir. Sayang sekali, penggunaan reaktor bertenaga nuklir mempunyai risiko besar bagi penduduk sekitarnya. Dalam hal ini, kemajuan sains begitu pesat sehingga teknologi baru yang lebih aman dan efektif terus bermunculan. Harapan para peneliti adalah untuk menciptakan mesin yang bisa menghasilkan energi yang lebih besar dari energi yang dipakai, sehingga kita bisa mendapat suplai listrik yang tidak bisa mati. Kedengarannya mustahil, tetapi ini bisa dicapai melalui teknik nuclear fusion di masa depan.

Dalam kehidupan manusia, kita bisa melihat bahwa dengan bertambahnya umur, kemampuan jasmani kita akan menurun. Sekalipun orang berusaha memertahankan kesegaran tubuhnya dengan makanan bergizi, berolahraga dan cara hidup yang sehat, semua orang akan merasakan bahwa energi yang bisa dihasilkan akan menurun lepas usia pertengahan. Bagi sebagian orang ini adalah keadaan yang dirasakan sebagai penderitaan batin, karena kesadaran bahwa kemampuan tubuh sudah berkurang membuat mereka terpaksa untuk mengurangi kegiatan dan mulai merencanakan hidup hari tua. Bagi mereka, kenyataan hidup bahwa kemampuan tubuh makin merosot hari demi hari adalah sebuah fakta yang menyedihkan.

Bagaimana kita bisa menghadapi hari depan jika kita sadar bahwa pada suatu saat kita tidak lagi mempunyai energi yang cukup untuk hidup mandiri? Mungkin kta berharap akan bantuan orang lain untuk membagi energi yang mereka punyai agar hidup kita bisa tetap berjalan. Tetapi semua itu hanya memberi kesan bahwa hidup kta adalah seperti lilin yang hampir padam. Perasaan sedih akan datang jika kita tidak lagi bisa menghasilkan sesuatu yang positif dalam hidup kita. Bagaimana kita bisa tetap bertahan dan hidup dalam kedamaian jika kita sadar bahwa energi yang ada sudah semakin kecil? Kita membutuhkan pasokan energi baru!

Ayat di atas menjelaskan kunci hidup orang Kristen yang tidak pernah kehabisan energi selama hidup. Paulus menulis kepada jemaat di Korintus bahwa sebagai orang beriman mereka sadar akan kenyataan bahwa secara lahiriah mereka semakin merosot, namun mereka juga tahu bahwa secara batiniah mereka dibaharui dari sehari ke sehari. Energi mereka tidak pernah habis jika mereka dekat dengan Tuhan yang memberi mereka kesehatan rohani dan kekuatan rohani setiap hari. Jika mereka hidup sesuai dengan firman-Nya dan mengundang Roh Kudus untuk terus bekerja dalam hidup mereka, api Roh Kudus akan terus menyala dan memberi mereka kekuatan untuk menjalani masa depan.

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru, tahun 2023. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dalam hidup kita, dan mungkin kita merasa gundah dan lemah. Kita membutuhkan sumber energi yang baru untuk menghadapi pergumulan hidup, baik itu di sekolah, di kantor, dalam rumah tangga, ataupun dalam pergaulan sehari-hari. Kita mungkin merasa lelah, putus asa, atau mungkin bosan dalam menghadapi masa depan. Firman Tuhan hari ini jelas menyatakan bahwa tanpa pembaruan rohani melalui Roh Kudus, kita akan hanya merasakan kemerosotan energi dan semangat hidup. Bertekunlah dalam pembaruan-Nya, maka Anda akan makin kuat dalam menghadapi hari depan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s