Bila hidup bertambah berat

“Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.” Roma 5:3-4

Di Sydney, setiap tahun ada perlombaan lari “City to Surf”, dimana puluhan ribu orang berlomba lari sepanjang jalan dari pusat kota Sydney ke pantai Bondi yang jaraknya 14 km. 

Jarak 14 km itu sebenarnya termasuk jarak medium dan seharusnya tidak perlu menyebabkan problem bagi mereka yang sudah biasa. Namun, ada sebagian dari jarak itu yang melalui bukit yang naik curam yang dinamakan “Heartbreak Hill”, alias bukit patah hati. Nama bukit ini memang sesuai karena banyak pelari yang merasakan sulitnya untuk mempertahankan ritme larinya karena jalan yang menanjak 80 m dalam 2 km. Napas jadi ngos-ngosan dan kaki jadi lemas! 

Sebagian pelari mungkin berpendapat bahwa lari mereka akan bisa lebih nyaman kalau saja bukit ini tidak ada. Mengapa harus dilewatkan di daerah ini? Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa adanya bukit ini malahan membawa variasi, pengalaman dan kepuasan tersendiri. Malahan, bagi pelari elit, bukit ini bisa menentukan siapa yang benar-benar kuat dan siapa yang hanya setengah-setengah.

Sama dengan lomba lari  “City to Surf” itu, hidup kita terkadang mengalami up and down, hasil baik dan hasil buruk. Sering kita mengeluh mengapa hal-hal yang sulit atau buruk harus terjadi.

Kesulitan hidup adalah seperti “Heartbreak Hill”, merupakan bagian hidup yang memberi tantangan buat umat Kristen; yang memberi variasi hidup yang memungkinkan kita untuk bisa lebih kuat dan beriman. Lain dari masalah yang muncul karena kesalahan diri sendiri, tantangan hidup adalah kesempatan untuk mendapat pengalaman dan membangun percaya diri, karena kita mempunyai Tuhan yang maha kuasa dan maha kasih.

Bagi kita yang sudah mengalami perjuangan bersama Kristus, kita bisa mengunakan pengalaman itu untuk menghadapi tantangan lain di masa depan, untuk lebih berhati-hati, dan juga untuk bisa mengajar saudara-saudara kita tentang adanya pengharapan di dalam Kristus. Pengalaman berharga yang harus disyukuri!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s