Awas banyak barang imitasi!

“Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.” Matius 7: 15

Tadi pagi, sewaktu saya berjalan-jalan sepanjang Queen Street mall di Brisbane saya kaget melihat banyaknya orang yang berkerumun, sepertinya menonton sesuatu. Sayapun memaksakan diri untuk melihat apakah yang menarik perhatian orang-orang itu. Astaga… ternyata ada pertunjukan orang melayang! Pantas begitu banyak orang yang nonton karena ini jarang ada di Australia, walaupun banyak di India. Saya lihat orang itu mendapat banyak uang dari para penonton yang terpesona..

Pertunjukan orang “melayang” atau dalam bahasa Inggrisnya adalah levitation, biasanya memberi kesan bahwa orang tersebur mempunyai kegaiban atau tenaga ajaib yang melawan daya tarik bumi. Bagi orang tidak tahu triknya, ini adalah keajaiban!  Mereka yang tahu sudah barang tentu tidak lagi tertarik akan tipuan mata itu. Orang itu bisa melayang karena duduk di atas kursi gantung dari besi yang didesain khusus untuk mengelabui penonton yang tidak waspada.

Kalau pertunjukan ini hanyalah untuk tontonan semata, ada sesuatu yang jauh lebih serius yang Tuhan Yesus katakan. Berhati-hatilah akan adanya nabi-nabi palsu yang menyamar sebagai pemimpin-pemimpin gereja yang nampaknya baik dan suci, namun mereka adalah anak-anak setan yang berusaha menarik kita ke arah yang sesat! 

Sejarah membuktikan adanya berbagai “show” pendeta-pendeta aspal yang hanya membuat orang kagum akan penampilan mereka, yang menarik jemaat untuk menyumbangkan materi untuk kepentingan mereka, yang mengajarkan  keberhasilan duniawi sebagai tanda iman yang benar. Yesus berkata bahwa mereka semua hanya srigala buas yang mencari mangsa!

Bagaimana kita bisa membedakan “nabi asli” dari “nabi palsu”? Dari buahnya! Nabi asli menomer satukan Yesus, dan bukan diri sendiri. Nabi asli mengajarkan keselamatan jiwa dan bukan kesuksesan hidup duniawi. Firman Tuhan lebih dipentingkan daripada soal jumlah jemaat. Mereka yang asli juga mempunyai kasih yang besar untuk semua orang dan bukan cuma jemaatnya sendiri, apalagi orang-orang tertentu saja.

Selamat hari minggu dan selamat berbakti kepada Tuhan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s