Apakah dunia ini makin jahat?

“Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.” Matius 24: 12

Membaca berita dunia beberapa hari yang lalu, tidak bisa tidak kita merasa sedih bagaimana hidup manusia sekarang ini sepertinya berjalan secara acak. Seorang yang lagi menikmati hidup sehari-harinya tiba-tiba diakhiri hidupnya secara tragis oleh orang lain. Tuhan agaknya lagi tidur dan setan lagi berpesta!

Sebaliknya, jika kita bisa memilih antara hidup di jaman sekarang dan hidup pada waktu 100-200 tahun yang lalu, barangkali kita akan memilih hidup di jaman sekarang. Bagaimana tidak? Ilmu kedokteran, hukum, ekonomi dan teknologi jaman ini sudah jauh lebih maju sehingga pada umumnya manusia di dunia ini kelihatannya hidup lebih aman, lebih sehat dan lebih berkecukupan dari mereka yang hidup di abad ke 19.

Mereka yang mengeluh karena banyaknya kejahatan yang tidak terduga dijaman ini juga mengeluh akan adanya hal-hal seperti:

  • kemunduran moral di kalangan anak muda
  • betambah banyaknya “agama’ yang mengajarkan ajaran sesat
  • bertambahnya sarana untuk membunuh manusia dengan aborsi, eutanasia, persenjataan nuklir/kimia dll.
  • kerancuan dalam masalah persamaan hak azasi dan kebebasan seksual
  • perubahan kestabilan lingkungan dunia yang disebabkan oleh berbagai hal.

Sebagian orang Kristen sebagian percaya bahwa kita hidup di jaman ‘edan” yang makin lama makin buruk, sebelum Yesus datang kembali. Alkitab mengatakan bahwa:

“….orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.” 2 Timotius 3:13

Tidaklah mengherankan bahwa kita melihat adanya guru-guru agama dan pemimpin golongan yang menggunakan berbagai dalih-dalih  dan dasar-dasar keagamaan yang sesat untuk mengacaukan hidup banyak manusia di dunia.

Sebagian orang Kristen yang lain percaya bahwa kita hidup di jaman yang baik dengan bertambah majunya kemungkinan untuk mengabarkan Injil ke seluruh penjuru dunia. Keajaiban terjadi di banyak tempat dan penginjilan bisa terjadi di negara-negara yang dulunya tertutup total untuk Injil.

Jadi mana yang benar? Dunia kita bertambah baik atau bertambah buruk? Ayat diatas mengatakan bahwa kedurhakaan manusia makin banyak dan kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Memang jika kita menonton TV, membaca internet/koran dll., agaknya kita sudah terbiasa membaca berita tentang peperangan, teorisme, kelaparan dll. sehingga kita hanya culup mengangkat bahu dan setelah itu melupakannya. Asalkan hidup kita tidak terganggu?

Apakah dunia ini bertambah jahat atau tidak? Haruskah kita kuatir akan kejadian-kejadian di sekitar kita dan hal-hal yang buruk yang diberitakan media? Bukankah keadaan-keadaan itu berkaitan dengan kedatangan Kristus untuk kedua kalinya?

Tidak ada seorangpun yang tahu apakah kita hidup di jaman yang makin buruk atau di jaman baik. Kedatangan Yesus tidak ada seorangpun yang bisa meramalkan bagaimana dan kapan akan terjadi.

“Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.” Matius 24:36

Dunia sudah mengalami banyak hal-hal yang jahat dan kejam sebelumnya, dan begitu juga umat Tuhan. Tetapi hidup manusia berjalan terus. Tetapi kemungkinan adanya kejahatan/ persoalan yang besar, bahkan yang sangat besar, memang lebih bisa disadari oleh umat manusia dalam hidup sehari-hari. Apa yang harus kita perbuat?

Alkitab mengatakan bahwa dalam keadaan apapun, iman kita harus tetap teguh. Itulah yang paling penting. Ajarlah anak-cucu kita untuk takut akan Tuhan dan berserah kepadaNya. Apapun yang terjadi di dunia, kita tahu bahwa Tuhan akan membawa kita ke arah yang baik sesuai dengan rencanaNya. Jika kita menghadapi tantangan apapun, kita harus tetap bisa bernaung dalam kasihNya dan menyatakan kasih kita kepada semua orang dan tidak hanya kepada orang seiman saja.

“Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.”   Yohanes 9: 4

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s