Apakah yang akan anda wariskan?

“Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.” Matius 6: 20


Jika tiba waktu anda untuk meninggalkan dunia ini, apakah yang akan anda wariskan kepada orang yang anda cintai? Kenangan apakah yang akan tinggalkan? Pertanyaan ini mungkin lebih mudah dijawab oleh orang yang sudah berumur karena mereka yang masih muda mungkin berpikir bahwa mereka belum saatnya untuk memikirkan hal itu. 

Di negara barat, ABG pun banyak yang sudah memikirkan apa yang dapat mereka tinggalkan. Bukan harta, karena umumnya mereka masih baru mulai dengan karirnya. Lalu apa, kalau bukan harta? Andaikan punya hartapun, mereka kan belum berkeluarga? Memang benar, mereka tidak mempunyai harta, tetapi mereka mau men donasikan organ tubuh mereka agar bisa ditransplantasi ke orang lain jika mereka mati muda. Ah, koq ada saja …

Warisan adalah barang berharga dan sukar didapat, yang diberikan seseorang untuk orang yang ditinggalkan agar bisa dipakai mereka. Jika Tuhan sudah memanggil kita, kita tidak lagi memerlukan tubuh, kepandaian dan harta kita. Karena itu banyak orang tua yang mati-matian bekerja, bahkan sampai usia uzur, untuk mengumpulkan harta bagi anak-anaknya. Kalau anak sudah berkecukupan bagaimana? Ya barangkali untuk cucu dan cicit….agar bisa tujuh turunan…

Sekalipun warisan iti pada unumnya berguna untuk yang diwariskan, ada kalanya warisan menjadi beban buat orang yang diwarisi. Misalnya pernah terjadi properti warisan orang tua ternyata mengundang pajak yang besar. Wah, tentu saja keadaan yang demikian harus bisa kita hindari. Warisan harus sesuatu yang berharga, berguna, menolong, dan membahagiakan orang yang diberi, agar mereka bisa merasakan cinta kasih mereka yang memberi.

Buat orang Kristen seperti kita, tidak ada sesuatu yang lebih berharga, lebih berguna, lebih menolong, dan lebih membahagiakan daripada harta surgawi, keselamatan yang kita terima melalui Yesus Kristus. Penebusan dosa kita memungkinkan Allah menerima kita sebagai anak-anakNya. Pengorbanan Kristus juga membuka mata rohani kita, memberikan kita kemampuan untuk melihat betapa besar kasih Allah kepada manusia.

Sungguh disayangkan bahwa di jaman modern ini, banyang orang yang memusatkan perhatian pada harta duniawi. Kekayaan, kepandaian, kemasyuran dll. sering menjadi tujuan kerja keras kita. Namun, pada akhirnya semua itu tidak ada gunanya untuk kita. Tidak juga berguna untuk yang kita warisi karena semua itu tidak menunjang keselamatan dan kebahagiaan mereka.

Di akhir pekan ini, marilah kita memikirkan apa yang pantas untuk ditinggalkan untuk orang-orang, masyarakat yang kita kasihi. Sesuatu yang benar-benar berharga, pasti berguna, sangat menolong, dan membawa kebahagiaan yang abadi bagi mereka. Hanya ada satu hal yang penting untuk mereka: Yesus. Marilah kita berdoa nemohon agar Tuhan membimbing mereka dalam hidup mereka, memberikan iman yang teguh dan menumbuhkan kasih mereka kepada Tuhan dan sesama. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s