Jangan takut, tapi berhati-hatilah!

 “Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.” 2 Yohanes 1:7 

Sebagai umat Kristen kita mungkin sering mempunyai rasa was-was jika kita mendengar tentang atau melihat keadaan dimana pengikut Kristus mengalami persekusi, penistaan dan kekacauan. Kuatir kalau hal-hal itu disebabkan oleh usaha Antikristus untuk menghancurkan umatNya. Menurut pandangan Kristen, Antikristus adalah kekuatan jahat yang dinubuatkan Alkitab yang akan menjadi musuh Kristus, yang akan menyesatkan banyak orang. Dalam pengajaran Islam, Antikristus adalah Dajjal, yang diramalkan akan bertarung dengan Isa (Yesus Kristus).

Sudah merupakan naluri manusia bahwa di jaman apapun, manusia selalu ingin tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Karena itu dari jaman ke jaman, berbagai ramalan telah dibuat oleh  mereka yang mempunyai obsesi tentang siapa Antikristus itu. Selain itu ada orang-orang yang berusaha mengail ikan di air keruh dengan membuat cerita-cerita khayal demi sensasi dan kepuasan pribadi. Orang yang membaca cerita-cerita semacam itu akhirnya bisa hidup dalam ketakutan atau kekecewaaan; keduanya tidak membantu pertumbuhan iman.

Surat 2 Tesalonika 2:3-4 memberi sedikit gambaran tentang Antikristus:

“Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.”

Jelas bahwa Antikristus itu adalah manusia yang sangat berpengaruh dan mau menyaingi Allah. Walaupun demikian, Alkitab tidak pernah menyatakan sesuatu yang spesifik mengenai dari mana si Antikristus akan muncul. Tidak juga menyatakan bahwa Antikristus itu harus berupa satu orang dari negara tertentu. Tidak juga secara khusus menerangkan bahwa benda-benda seperti credit card dan microchip adalah alat-alat Antikristus. Semua ramalan-ramalan tentang itu secara umum hanyalah spekulasi yang serupa dengan ramalan tukang nujum pinggir jalan.

Selama ini, ketidaktahuan manusia tentang siapa Antikristus itu seharusnya sudah bisa menyadarkan mereka yang takut dan kuatir. Martin Luther yakin bahwa Paus pada zamannya adalah Antikristus. Selama masa tahun 1940-an, banyak orang yang meyakini kalau Adolph Hitler adalah si Antikristus. Nama lain dalam beberapa  tahun terakhir ini juga seringkali dikait-kaitkan dengan Antikristus: Vladimir Putin, Paus Fransiskus I,  mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Barack Obama dan Donald Trump. Jelas daftar ini akan bertambah panjang di masa depan.

Sejauh ini, semua spekulasi-spekulasi ini terbukti salah dan apa yang dikuatirkan umat kristen belum terjadi. Karena itu kita seharusnya berhenti berspekulasi, menghilangkan ketakutan dan kekuatiran, tetapi mau berwaspada agar kita tetap bisa beribadah secara benar dengan iman yang teguh.

“Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah. Dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.” 1 Yohanes 4:1-4

Pagi ini marilah kita berdoa agar kita tetap kuat dan bersatu bersama dengan saudara-saudara seiman, saling mengasihi satu dengan yang lain, dan berusaha untuk saling menguatkan dan saling belajar dari yang lain; agar kita bisa makin kuat, bersatu dan bijaksana untuk menghadapi kekuatan-kekuatan jahat yang berusaha menghancurkan iman kita. Terpujilah Tuhan semesta alam yang mengasihi umatNya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s