Ora et labora

Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.” Yakobus 2: 18

Seperti yang tertulis dalam Wikipedia, frasa bahasa Latin “Ora et Labora” yang mengacu pada praktik monastik “berdoa dan bekerja”, umumnya terkait dengan penggunaannya dalam Peraturan Santo Benediktus. St. Benediktus memandang doa dan kerja sebagai para mitranya, serta percaya akan perlunya memadukan kontemplasi dengan tindakan, antara pemikiran dan perbuatan. Apakah perlunya kita untuk memadukan ora dan labora dalam hidup Kristen itu?


Semua mahluk di dunia ini bekerja untuk hidup. Dari mereka yang sekecil bakteri sampai yang sebesar gajah, mereka berusaha mendapat makanan untuk menyambung hidup. Tubuh kita adalah seperti mesin yang membutuhkan bahan bakar, dan untuk memperolehnya kita harus bekerja. 

Bekerja untuk manusia tidak hanya untuk bisa hidup. Bekerja juga bisa untuk kepuasan, untuk mengisi waktu, untuk mempertahankan kesehatan, untuk membantu masyarakat dll. Bekerja juga bisa berkaitan dengan usaha mencari nama, untuk mendapat kemashyuran, dan untuk kebanggaan. Bekerja dengan demikian, bisa mempunyai arti positip dan juga negatip.

Orang Kristen tidak ada bedanya dengan orang lain, mereka adalah orang berdosa. Karena itu, kita umumnya juga harus bersusah payah bekerja untuk mencari sesuap nasi. Namun, karena hidup kita bukan milik kita lagi, kita bekerja bukan untuk diri kita. Sebagai orang Kristen kita bekerja di dunia seperti bekerja untuk majikan kita di surga. 

Banyak orang yang bekerja dan memperoleh kesuksesan. Namun jika kesuksesan itu tidak membawa kemuliaan bagi Tuhan, apa yang mereka lakukan tidaklah menunjukkan iman kepada Dia yang memungkinkan datangnya kesuksesan. Kesuksesan yang sedemikian hanya membuat manusia makin jauh dari Tuhan. Pekerjaan dan kesuksesan tanpa iman adalah sia-sia karena itu hanya hasil duniawi.

Pada pihak yang lain, ada orang Kristen yang kelihatannya beriman tetapi tidak mempunyai semangat dan gairah untuk bekerja dan mencapai kesuksesan. Bagi mereka, hidup sebagai orang percaya (being Christian) adalah lebih penting dari bekerja keras dan mencapai prestasi tinggi untuk kemuliaan Tuhan (doing the good work). Mereka hanya memikirkan hal surgawi, padahal masih hidup di dunia.

Sesuai dengan frasa “Ora et Labora”, berdoa dan bekerja adalah perlu. Being Christian and doing the good work adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.  Yakobus 2: 18 diatas juga menyatakan bahwa dari perbuatan kita, orang akan bisa melihat iman kita. 

Banyak manusia yang dari perbuatan mereka, kita bisa melihat dengan jelas bahwa mereka bukan pengikut Kristus. Ada juga orang yang sering berbuat amal dan kebajikan agar mereka menerima pujian dan sanjungan yang seharusnya merupakan  hak Tuhan. Inipun tidak menunjukkan adanya iman. Hanya jika kita mau bekerja keras sesuai dengan firmanNya dan untuk kemuliaan Tuhan, kita membuktikan iman kita dari perbuatan kita.

Ora et labora. Tuhan menghendaki kita untuk berdoa dan bekerja, tetapi keseimbangan di antara keduanya adalah perlu. Tuhan menghargai baik eksistensi kita (being) maupun pekerjaan kita (doing), baik itu pekerjaan yang sederhana maupun yang signifikan. Biarlah pagi ini kita disadarkan bahwa iman Kristen kita sudah seyogyanya diperlihatkan melalui hal-hal baik yang kita kerjakan untuk kemuliaanNya!

“Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” 1 Korintus 10: 31

2 pemikiran pada “Ora et labora

  1. Bagaimana jika seseorang bekerja… namun dalam pekerjaannya tidak ada waktu untuk TUHAN. Dlm kata arti seseorang tersebut di haruskan kerja dari pagi sampai sore jam 5 pada hari minggu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s