Mengapa hidup ini sering terasa hampa

Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.” Matius 13: 11-12.

Pernahkan anda membandingkan usia rata-rata manusia di dunia menurut bangsa mereka? Saat ini, menurut data yang ada, orang Jepang, Swiss, Singapura, Australia dan Spanyol menduduki peringkat atas dengan usia diatas 82 tahun. Indonesia yang sudah mengalami kemajuan ekonomi yang pesat, saat ini ada di peringkat 120 dengan usia hampir 70 tahun.

Salah satu hal yang menyebabkan proses penuaan jasmani yang datang terlalu dini adalah hidup pasif. Mereka yang hidupnya terlalu “enak” cenderung untuk kurang mau untuk berkeringat: kurang mau berolahraga, malas berjalan kaki, segan berpikir dll., dan lebih senang untuk bersenang-senang dan makan enak. Mereka yang kurang mau mempertahankan kesegaran jasmani akan kehilangan kemampuan jasmani dengan cepat, terutama setelah berumur 40-50 tahun.

Kesadaran akan pentingnya untuk mempertahankan kesegaran jasmani sekarang mulai tumbuh di Indonesia dengan terlihatnya usaha untuk memilih jenis makanan sehat, kontrol kesehatan dan olahraga yang cukup. Mereka yang bisa dan mampu, berusaha mengonsumsi berbagai vitamin sekalipun tidak perlu, diet khusus dan mengikuti acara olahraga pagi hari.

Jika ada banyak manusia yang sadar bahwa mempertahankan kesehatan jasmani itu tidak mudah, seringkali orang Kristen yang tidak menyadari bahwa mempertahankan kesehatan rohani itu malahan lebih sulit lagi. Jika kita lengah, kita akan jatuh ke dalam berbagai sakit rohani. Berbagai masalah rohani seperti kesepian, kepahitan, kehampaan hidup, perasaan bersalah, kebingungan dll. bisa datang bertubi-tubi dalam hidup kita.

Jika untuk bisa mengetahui kesehatan jasmani kita bisa pergi ke dokter untuk check-up sebelum datangnya penyakit, kesehatan rohani bisa diketahui jika Roh Kudus membisikkan tentang adanya masalah rohani yang datang atau mendatangi. Sayang sekali, tidak semua orang Kristen mau mendengarkan suara Tuhan. Sebagian orang Kristen malahan sudah mendukakan Roh Kudus sehingga mereka tidak dapat lagi memperoleh bimbinganNya.

Memang tidak semua orang yang mengaku Kristen bisa mendengarkan suara Tuhan. Ada banyak orang Kristen yang lebih menyukai hal-hal duniawi, bagi mereka ke gereja sekali seminggu sudah cukup. Kepada mereka tidak diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, yaitu bagaimana kita bisa merasakan penyertaan Tuhan pada setiap waktu dan keadaan. Bagaimana bisa hidup berbahagia dalam kehadiran Allah Bapa, Putra dan Roh.

Pagi ini Firman Tuhan mengingatkan kita bahwa mereka yang mempunyai karunia Tuhan karena mau membuka hidupnya untuk pekerjaaan Roh Kudus, akan diberi lebih banyak pengertian sehingga ia berkelimpahan; tetapi mereka yang tidak mau memanfaatkan kesempatan yang diberikan Tuhan, apapun juga yang ada akan diambil dari padanya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s