Siapa sih yang senang sakit?

“Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.” 3 Yohanes 1: 2

Akhir-akhir ini saya sering mendengar berita yang kurang enak tentang si A yang jatuh sakit, si B yang masuk rumah sakit, si C  yang dalam keadaan kritis, dan sebagainya. Semua berita itu membuat saya sedih. Mengapa manusia harusmengalami hal itu? Setelah berpikir-pikir, saya menarik kesimpulan bahwa mengenai soal jatuh sakit, kenyataan hidup manusia antara lain adalah sebagai berikut:

  • Ada berbagai macam penyakit.
  • Tidak semua penyakit bisa dihindari.
  • Semua orang pernah sakit.
  • Tidak ada orang yang mau sakit.
  • Tidak semua orang mau menghindari penyakit.

Alkitab menunjukkan bahwa memang ada berbagai macam penyakit yang diderita manusia setelah jatuh dalam dosa. Tuhan Yesus sewaktu di dunia menyembuhkan banyak orang dari penyakit mereka, dan itu membuktikan bahwa Ia adalah Anak Allah. Penyakit yang disembuhkannya tidak hanya penyakit jasmani tetapi juga penyakit rohani (Lukas 8: 26-39). Sampai sekarangpun, Tuhan tetap mau menyembuhkan orang sakit jika sesuai dengan kehendakNya.

Dengan kemajuan pengobatan, banyak penyakit yang dulu tidak dapat disembuhkan sekarang bisa dihindari atau disembuhkan. Tetapi selalu ada saja penyakit yang tidak dapat dihindari karena tidak adanya atau belum adanya obat yang mampu membawa kesembuhan. Selain itu, penyakit bisa datang melalui faktor genetika yang membuat orang mempunyai kelemahan tertentu sejak lahir. Sekalipun ada usaha manusia untuk mengubah faktor genetika ini, tiap manusia mungkin saja jatuh sakit karena berbagai hal, termasuk jatuh sakit karena Tuhan memberi ujian bagi anak-anakNya (Ayub 2: 6-7).

Semua orang pernah jatuh sakit sekalipun mereka biasanya sehat. Sebagian besar orang sakit yang kita jumpai mungkin mengalami sakit jasmani, tetapi banyak juga orang yang sakit rohani. Mereka yang sakit rohaninya mungkin mendapat serangan atau godaan iblis, tetapi mungkin juga karena tekanan hidup yang membuat mereka jauh dari Tuhan. Istri Ayub misalnya, tidak mengalami sakit jasmani tetapi karena melihat penderitaan Ayub, ia menjadi sakit rohaninya dan menganjurkan agar Ayub untuk mengutuki Tuhan (Ayub 2: 10).

Karena sakit adalah hal yang tidak enak dan membawa penderitaan, tidak ada orang yang berpikiran sehat yang mau sakit. Sedapat mungkin orang akan berusaha untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, cukup beristirahat dan lain-lain. Demikian pula orang yang sadar akan berusaha memelihara rohaninya dengan hidup dekat dengan Tuhan dan menghindari hal-hal yang menggoda. Semua itu harus dilakukan karena tubuh kita secara keseluruhan adalah rumah Tuhan (1 Korintus 6: 19-20).

Rasul Yohanes dalam ayat diatas (3 Yohanes 1: 2) mengharapkan agar umat Kristen sehat dalam jasmani maupun rohani. Masalahnya adalah walaupun orang umumnya tidak mau sakit, ada orang-orang yang tidak berhati-hati dalam mempertahankan kondisi jasmani dan terutama rohaninya. Banyak pula yang tidak sadar bahwa kesehatan jasmani dan kesehatan rohani harus dipelihara secara khusus karena keduanya tidak selalu bertautan.

Pagi ini kita harus menyadari bahwa kesehatan itu perlu dijaga. Kesehatan jasmani itu penting, tetapi terlebih penting lagi adalah kesehatan rohani. Berita buruk tentang teman-teman kita yang sakit memang membuat kita sedih, tetapi kita harus bersyukur kalau mereka sehat rohaninya. Begitu pula kita sendiri haruslah bisa memelihara kesehatan rohani kita agar kita tetap bisa terhitung sebagai anak-anak Tuhan.

“Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.” Matius 10: 28

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s