Mengapa ingin tetap muda?

“Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.” 2 Petrus 3: 18

Tadi malam saya menonton sebuah film khayal yang ditayangkan oleh cable TV yang mengisahkan seorang wanita yang mengalami suatu kejadian aneh pada masa mudanya, yang menyebabkan ia tidak dapat menjadi tua. Mungkin anda berpikir betapa enaknya kalau itu bisa benar-benar terjadi. Tidak bisa menua, awet muda terus. Dalam film itu dikisahkan bahwa justru karena wanita itu tidak bisa menua seperti orang lain, ia tidak dapat mempunyai hubungan yang langgeng dengan orang-orang lain.

Soal menua adalah berlaku untuk semua orang. Berbeda dengan apa yang dikisahkan dalam film di atas, semua manusia di dunia mengalami proses penuaan. Dengan bertambahnya umur, manusia diharapkan untuk bertambah dalam kedewasaan dan kebijaksanaan dengan bertambahnya pengalaman. Tetapi tidak semua orang akan mengalami proses pendewasaan yang seirama dengan bertambahnya umur. Ada banyak orang Kristen yang menjadi tua tetapi tidak bertumbuh dalam iman kepada Tuhan.

Proses pendewasaan iman seharusnya terjadi pada setiap orang yang sudah benar-benar menerima Kristus sebagai Juruselamat mereka karena Roh Kudus akan tinggal dalam hati mereka. Tetapi untuk memberi kesempatan kepada Roh agar bisa bekerja sepenuhnya, kita tidak boleh mendukakan Roh melalui hidup yang mengabaikan perintah Tuhan.

“Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.” Efesus 4: 30-31

Mengapa banyak orang Kristen yang hidupnya tidak pernah menjadi dewasa? Mengapa banyak orang Kristen yang tidak bisa digolongkan sebagai penatua yang bijaksana? Mengapa banyak yang ke gereja setiap hari Minggu tetapi hidupnya tidak ada bedanya dengan orang lain di luar gedung gereja? Mereka semuanya memilih untuk hidup menurut kemauan mereka sendiri dan bergaya hidup seperti anak-anak remaja, tidak mau membiarkan Roh Kudus memimpin mereka.

Manusia diciptakan menurut peta dan teladan Allah, dan dengan itu diberi kemerdekaan untuk memilih apa yang baik dan belajar dari pengalaman hidup mereka. Tetapi jika kita tidak sepenuhnya menyerahkan hidup kita kepada Kristus dan membiarkan Roh Kudus bekerja, kita tidak dapat bertumbuh dalam pengenalan akan kebenaran dan kasih.

Pagi ini kita diingatkan bahwa proses pendewasaan iman bukanlah sesuatu yang otomatis akan terjadi pada setiap orang Kristen. Itu juga tidak terjadi kalau kita ke gereja setiap minggu. Tetapi itu akan kita alami jika kita memilih untuk hidup dalam Tuhan setiap saat.

“Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.” Galatia 5: 13

2 pemikiran pada “Mengapa ingin tetap muda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s