Siapakah Dia?

Dan heranlah orang-orang itu, katanya: “Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?” Matius 8: 27

Siang kemarin Badan Meteorologi mengirim berita lewat berbagai media bahwa topan akan mendatangi beberapa kota di negara bagian Queensland. Diramalkan topan berbentuk angin kencang, hujan deras dan hujan es akan datang sekitar pukul 4.30 sore. Seperti yang diramalkan, topan datang tepat pada waktu yang sudah diramalkan. Dimulai dengan angin kencang dan hujan air, hujan es datang menghantam mobil-mobil yang diparkir di halaman universitas tempat saya bekerja. Kerusakan yang disebabkan oleh hujan es sebesar bola pingpong itu cukup berat. Untunglah tidak ada orang yang cedera. Sungguh kekuatan manusia adalah kecil jika dibandingkan dengan alam semesta!

Topan serupa pernah dialami beberapa murid-murid Yesus yang sedang berperahu di laut Galilea dengan Guru mereka. Waktu itu Yesus merasa sangat lelah dan tidur lelap di buritan perahu. Murid-murid Yesus jelas dapat melihat bahwa guru mereka tidak ada bedanya dengan manusia biasa. Karena pekerjaan yang berat, Ia menjadi lelah dan harus beristirahat. Saat itu mereka mungkin lupa bahwa Yesus yang mereka lihat bukanlah orang biasa. Yesus yang sudah melakukan berbagai mujizat.

Sewaktu angin topan hampir menenggelamkan perahu mereka, dalam ketakutan murid-murid Yesus membangunkan sang guru. Entah apa yang dipikirkan mereka, tetapi jelas mereka ingin agar Yesus ikut memikirkan masalah yang mereka hadapi. Tidak terpikir bahwa Yesus bisa melakukan sesuatu yang istimewa, karena yang mereka tahu bahwa manusia tidak dapat menandingi kuasa alam semesta. Mereka tidak sadar bahwa Yesus adalah Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatu. Ia adalah pemilik segala sesuatu.

Ketika topan kehidupan yang besar datang atas diri kita, seringkali kita juga seperti murid-murid Yesus. Kita mungkin sudah pernah melihat kuasa Yesus dalam berbagai segi kehidupan kita atau dalam hidup orang lain, tetapi kita belum pernah mengalami masalah sebesar ini! Dapatkah Yesus menolong aku dalam kesulitan ini? Siapakah Dia sehingga aku boleh yakin bahwa segala sesuatu ada dalam kuasaNya?

Pagi ini marilah kita meneliti iman kita dan menanyakan siapakah Yesus bagi kita. Seperti murid-muridNya, mungkin kita belum benar-benar sadar bahwa Ia yang Anak Allah, yang berkuasa atas segala sesuatu.

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?” Markus 4: 40

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s