Siapakah kita?

“Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.” Galatia 3: 26

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah salah satu kartu penting yang harus dibawa kemana-mana karena diperlukan untuk memastikan identitas seseorang. Di Australia, rakyat tidak mempunyai KTP, karena itu mereka bebas untuk pindah ke mana saja. Sebagai tanda pengenal, Surat Ijin Mengemudi (SIM) sering dipakai sebagai ganti KTP. Tentu saja, mereka yang tidak mempunyai SIM harus memakai tanda pengenal lain seperti paspor dan sebagainya.

Mengapa seseorang harus mempunyai kartu identitas? Sudah tentu karena identitas seseorang menentukan siapa dia dan apa hak serta kewajibannya. Mereka yang ingin mendapatkan pelayanan pemerintah atau membayar pajak, haruslah mempunyai tanda pengenal.

Bagaimana pula dengan bukti identitas orang Kristen? Mungkin ada yang menyebut surat baptis atau sidi, seperti yang diperlukan untuk mendaftar ke sekolah atau pada waktu mau menikah. Tetapi bukti identitas yang benar adalah ketundukan kepada Tuhan dan firmanNya. Ada banyak orang yang merasa atau mengaku Kristen, tetapi sekedar untuk mendapat kemudahan atau fasilitas. Mereka tidak mau menunaikan kewajiban dan hanya mau mendapatkan berkat Tuhan.

Orang yang benar-benar Kristen adalah orang yang beriman teguh dan menghasilkan berbagai buah kebajikan. Orang yang sekalipun menghadapi kesulitan tetap percaya kepada Yesus Kristus. Memang enak jika warga Allah selalu mendapat kelimpahan hidup di dunia. Tetapi dalam kenyataannya, banyak warga Allah yang setia sekalipun hidup dalam penderitaan, seperti Rasul Paulus yang menulis surat kepada jemaat di Galatia. Itu karena warga Allah adalah warga surgawi, dan keadaan mereka di dunia tidak mempengaruhi status mereka di hadapan Tuhan.

“Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.” Galatia 3: 28

Pagi ini marilah kita meneliti identitas kita sendiri. Benarkah pengakuan kita bahwa kita adalah warga surgawi? Semoga.

2 pemikiran pada “Siapakah kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s