Siapakah Yesus itu?

Yesus bertanya kepada mereka: “Menurut kamu, siapakah Aku ini?” Jawab Petrus: “Mesias dari Allah.” Lukas 9: 20

Siapakah Yesus itu? Pertanyaan ini mudah dijawab oleh siapapun karena Yesus adalah figur yang paling terkenal di sepanjang sejarah menurut berbagai survei dan penyelidikan. Walaupun demikian, almarhum John Lennon pernah dengan bangga berkata bahwa The Beatles lebih masyhur dari Yesus pada tahun 1966. Dan sekalipun dianggap aneh dan sembrono, John Lennon tentu bukan satu-satunya orang yang berpendapat bahwa dirinya sendiri atau orang lain adalah lebih penting atau lebih masyhur dari Yesus.

Pertanyaan “siapakah Yesus” mudah dijawab karena orang bisa membaca dari buku sejarah atau berbagai artikel di internet. Siapakah Yesus bagi anda, itulah pertanyaan yang lebih sulit dijawab karena menyangkut pengertian anda secara pribadi. Walaupun demikian, banyak orang yang menjawab bahwa Yesus adalah Tuhan sekalipun jawaban itu hanya di bibir saja dan bukan dari hati. Mungkin jawaban itu berdasarkan pada kebiasaan dan bukannya pengalaman hidup. Jika jawaban itu dari hati, seharusnya ada rasa hormat dan kepatuhan kepada Yesus dalam hidup mereka.

Pada waktu Yesus bertanya kepada para muridNya siapakah Dia menurut orang banyak, mereka menjawab bahwa ada yang berpendapat bahwa Yesus adalah Yohanes Pembaptis, dan ada juga yang mengatakan Elia, tetapi ada pula yang berpendapat bahwa Yesus adalah seorang dari nabi-nabi terdahulu yang telah bangkit. Umumnya bagi orang banyak, Yesus adalah orang baik. Bagaimana dengan pendapat murid Yesus? Hanya Petrus yang menjawab bahwa Yesus adalah Mesias kiriman Allah. Bagaimana mungkin hanya dia yang pada waktu itu bisa mengerti bahwa Yesus adalah Mesias? Pastilah Roh Kudus sudah bekerja dalam hati Petrus; karena begitu banyak orang yang melihat dan mendengar, tetapi sedikit yang percaya.

“Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.” Matius 13: 14

Pagi ini, mungkin kita bisa membandingkan diri kita dengan murid-murid Yesus. Bagaimanapun juga, sebagai orang Kristen kita mengaku bahwa kita pengikut Yesus. Siapakah Yesus menurut pendapat anda? Apa jawab anda?

Jawaban yang tulus seharusnya datang dari hati dan bukannya dari pikiran. Jawaban yang jujur seharusnya bukan dari mulut tetapi dari pengalaman hidup dan perbuatan kita. Tuhanlah yang bisa menolong kita untuk bisa menjawab seperti Petrus.

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.” Matius 7: 21

4 pemikiran pada “Siapakah Yesus itu?

  1. Pertanyaannya sangat reflektif skli. Mantap, sy suka. Sekalipun ada 2 kta yg typo, tp tdk merubah esensi. Renungan yg memberkati. Kiranya kita bs mengambil teladan sprti Petrus yg mngakui Yesus dg testimoninya itu, jawaban yg jujur dan tulus. Hari gini emang bnyak org yg ngakunya cuma d mulut doang.

    Trmksh skli lg pak dosen atas renungannya pg ini. Gbu all

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s