Kewajiban utama kita adalah memuliakan Tuhan

“Perkataan ini benar dan aku mau supaya engkau dengan yakin menguatkannya, agar mereka yang sudah percaya kepada Allah sungguh-sungguh berusaha melakukan pekerjaan yang baik. Itulah yang baik dan berguna bagi manusia.” Titus 3: 8

Mengapa sebagai orang Kristen kita harus dengan aktif berbuat baik? Ini sering dipertanyakan orang, baik oleh orang Kristen maupun non-Kristen. Jika orang Kristen diselamatkan karena iman, apakah ada motivasi bagi mereka untuk melakukan hal baik dan berguna bagi sesama?

Orang Kristen melakukan hal yang baik karena Kristus sudah lebih dulu berkurban untuk mereka. Mereka tentu tidak berusaha untuk berbuat baik guna dapat diselamatkan, karena tidak ada seorangpun yang bisa memenuhi standar kesucian Allah. Tetapi, karena kasih Tuhan yang begitu besar telah membawa keselamatan, umat Kristen seharusnya mempunyai keinginan yang kuat untuk hidup baik dan berbuat kebaikan agar orang lain juga melihat kasih Tuhan dan kemudian mau menerima karunia keselamatan. Pekerjaan yang baik dan hidup baik orang Kristen di dunia ini adalah identik dengan mengajak dunia untuk memuliakan Tuhan.

Untuk bisa hidup sebagai orang Kristen yang setia di dunia ini tidaklah mudah. Godaan dan bahaya selalu ada di dunia yang sudah dipenuhi dosa ini; sehingga sering mereka yang ingin untuk hidup baik, bisa gagal untuk menjalaninya. Banyak orang Kristen hidup dalam dua dunia, diluar kehidupan gereja mereka tidak berbeda dengan orang lain. Ada juga orang Kristen yang terlihat baik dalam masyarakat, tetapi tidaklah demikian dalam keluarga sendiri. Banyak orang Kristen yang berbuat baik untuk sesama tetapi tidak mempersembahkan kemuliaan yang diterima kepada Tuhan. Selain itu, ada juga orang Kristen yang kurang bisa melakukan pekerjaan yang baik karena adanya kesibukan dan kesukaran hidup. Hal-hal semacam ini sudah tentu tidaklah berguna bagi sesama untuk bisa mengenal Tuhan yang maha kasih.

Pada pihak yang lain, ada orang Kristen yang berusaha untuk hidup baik dengan cara mengisolir hidup mereka dari dunia. Bagi mereka, hidup suci adalah hidup di kalangan orang seiman, saling menolong dan menguatkan dalam lingkungan kekeluargaan dan persaudaraan. Tetapi, sudah tentu itu bukan maksud Tuhan ketika Ia memerintahkan kita untuk pergi keseluruh dunia untuk mengabarkan Injil. Hidup sebagai orang percaya tidak berarti bahwa kebahagiaan dan keselamatan yang ada hanya untuk dinikmati dalam lingkungan sendiri.

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.” Markus 16:15

Pagi ini, Tuhan berfirman bahwa orang Kristen harus menjadi terang dunia, terang yang menghilangkan kegelapan dunia. Karena itu, melakukan pekerjaan yang baik untuk sesama berarti memuliakan nama Tuhan, menunjukkan rasa syukur kita kepada Tuhan dan memberitakan kabar baik kemana saja, dimana saja dan kapan saja. Maukah kita berusaha untuk melakukan hal itu?

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5: 16

Satu pemikiran pada “Kewajiban utama kita adalah memuliakan Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s