Dosa apa yang dibenci Tuhan?

“Enam perkara ini yang dibenci TUHAN, bahkan, tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya: mata sombong, lidah dusta, tangan yang menumpahkan darah orang yang tidak bersalah, hati yang membuat rencana-rencana yang jahat, kaki yang segera lari menuju kejahatan, seorang saksi dusta yang menyembur-nyemburkan kebohongan dan yang menimbulkan pertengkaran saudara.” Amsal 6: 16 – 19

Hari Minggu adalah hari dimana orang Kristen pergi ke gereja untuk berbakti kepada Tuhan. Di gereja, mereka bersatu dalam satu iman untuk memuji Tuhan dan mendengarkan firmanNya. Kesempatan itu juga dipakai untuk bersama-sama memohon pengampunan atas dosa-dosa yang diperbuat selama seminggu yang telah lalu.

Ada berapa dosa yang kita perbuat dalam seminggu? Tidak ada seorang pun yang tahu berapa jumlah dan macam dosa yang diperbuatnya dalam sehari, apalagi dalam seminggu. Walaupun demikian, tidak semua orang mau memikirkan hal itu. Bagaimana mungkin orang bisa menghindari dosa? Karena itulah, sebagian orang tetap hidup dalam “dosa-dosa kecil ” yang mereka lalukan tiap hari. Asal saja tidak ada “dosa besar” yang dilakukan, banyak orang merasa bahwa hidupnya cukup baik. Dalam berdoa, mungkin mereka hanya mengingat hal-hal yang buruk menurut ukuran manusia dan masyarakat setempat.

Dalam ayat pembukaan diatas, penulis Amsal menyatakan bahwa ada enam atau tujuh hal yang dibenci Tuhan, diantaranya kesombongan dan kebohongan yang sering muncul dalam hidup kita sehari-hari. Tetapi, karena Tuhan adalah maha suci, apapun yang kita anggap lumrah tetapi tidak sesuai dengan standar kesucianNya, tidak akan dapat diterimaNya. Dosa adalah dosa.

Menurut Paus Gregory dari abad VI, memang ada banyak dosa yang sering dilakukan manusia, tetapi ada tujuh dosa yang mematikan (seven deadly sins) yaitu kesombongan, iri hati, kerakusan, hawa nafsu, kemarahan, ketamakan dan kemalasan. Walaupun demikian, Alkitab tidak menyebutkan bahwa hanya ada tujuh dosa yang bisa membawa kematian jiwa.

Pengelompokan dosa-dosa kedalam tujuh jenis memang mempermudah kita untuk mengingat bahaya dosa, karena hampir semua dosa bisa dimasukkan kedalam salah satu dari tujuh kelopmpok itu. Dengan demikian, kita bisa diingatkan bahwa semua dosa adalah mematikan.

“Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Roma 6: 23

Pagi ini kita harus sadar bahwa semua dosa, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat mata, baik yang “kecil”, yang sering muncul dan sudah diterima masyarakat setempat, ataupun sesuatu yang terlihat benar-benar jahat dan muncul di media, semuanya berasal dari hati manusia yang cacat, seperti yang pernah dikatakan Yesus:

“Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.” Markus 7: 20 – 22

Karena itu, marilah kita sadar bahwa setiap hari kita perlu memohon ampun untuk apapun yang tidak sesuai dengan firman Tuhan dalam hidup kita. Hanya dengan itu kita bisa mendekati Tuhan yang maha suci.

“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” 1 Yohanes 1: 9

3 pemikiran pada “Dosa apa yang dibenci Tuhan?

  1. Overall, sy stuju sih dg ulasannya, dlm konteks yg dimaksudkan tentunya 🙂
    Oya, tnya aj, kira2 ap esensi dr dosa yg mndatangkan maut dan yg tdk mendtangkan maut, sprti yg dimaksud dlm surat 1 Yohanes? Tks

    Suka

    • Ada beberapa tafsiran, tetapi bagi saya dosa yang tidak mendatangkan maut adalah dosa yang diikuti dengan penyesalan dan permohonan ampun serta pertobatan. Dosa yang lain adalah dosa yang tidak pernah benar2?disesali dan ditobati.

      Suka

      • Ya, utk dosa yg mndatangkan maut ad bbrp tafsiran mmang. Golongan reformed menafsir bhwa dosa tsb adlh dosa menghujat Roh Kudus, krn dosa tsb tdk diampuni baik skrg maupun smpai slma lamnya. Menghujat Roh Kudus=menolak keselamatan (sampai akhir hayat) dlm Yesus Kristus yg disodorkan Roh Kudus. Itu sih yg sy tngkap dari Pdt. Stephen Tong

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s