Siapakah Yesus bagi anda?

Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Matius 16: 15 – 16

Di dunia ini tidak terhitung jumlah orang yang mengenal nama Yesus. Tetapi bagi setiap orang, nama Yesus mungkin mempunyai arti yang berbeda. Bagi sebagian orang, Yesus adalah orang Yahudi, anak tukang kayu yang dikenal karena ajaranNya. Orang lain berpendapat bahwa Yesus adalah orang yang baik dan bijaksana. Sebagian lagi berpendapat bahwa Yesus adalah nabi yang terbesar. Dan banyak juga yang berkata bahwa Yesus hanyalah tokoh sejarah.

Memang kita bisa membaca berbagai buku yang menulis tentang asal usul dan kehidupan Yesus. Tetapi hanya Alkitab yang menulis bahwa Ia adalah Anak Allah yang sudah menebus dosa manusia. Ia adalah Tuhan. Alkitab jugalah yang menulis bahwa dari mulanya Allah sudah mempersiapkan kelahiran Yesus melalui silsilah yang sangat rumit dalam bangsa Israel. Semua itu menunjukkan bahwa apa yang direncanakan Allah itu terjadi seperti apa yang sudah dinubuatkan sebelumnya.

Dengan bukti-bukti yang ada selama ribuan tahun, orang tetap saja sulit untuk diyakinkan agar percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang dinantikan bani Israel. Tetapi, apa yang kita baca dalam ayat-ayat diatas adalah mengherankan; bahwa tanpa diyakinkan orang lain dan tanpa mempunyai Alkitab seperti yang ada sekarang, Petrus bisa tahu bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Petrus bukanlah orang yang berpendidikan, bukan ahli Taurat, ia hanyalah seorang nelayan sederhana. Petrus hanya diberikan kesempatan untuk mengikut Yesus dan melihat apa yang diperbuat dan diajarkan Yesus. Dibandingkan dengan murid-murid Yesus yang lain, Petrus tidak mempunyai kelebihan, kecuali dalam hal keras kepalanya. Dengan demikian, sangat sulit dimengerti bagaimana ia adalah satu-satunya murid Yesus yang bisa dengan tegas pada saat itu menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Suatu misteri!

Tuhan Yesus kemudian menjelaskan apa yang dibalik misteri jawaban Petrus.

Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.” Matius 16: 17

Yesus menjawab bahwa iman yang dipunyai oleh Petrus bukanlah datang dari dirinya sendiri, atau bukan dari orang lain, tetapi datang dari Allah. Hanya Allah sendiri yang bisa menjelaskan siapakah Dia itu. Hanya melalui pernyataan Allah secara pribadi, Petrus bisa mengenal Yesus dengan benar.

Pagi ini, kita mempunyai kesempatan untuk menanyai diri kita sendiri: Siapakah Yesus itu bagi kita? Mungkin kita sudah mengenal namaNya sejak lama. Mungkin kita dilahirkan dalam keluarga Kristen. Mungkin kita sudah melihat hasil kerja Yesus dalam diri orang lain. Tetapi, jika kita tidak pernah merasakan bagaimana Yesus bekerja dalam hidup kita, pengenalan kita hanyalah bersifat teoritis. Kita mungkin masih berada dalam hidup lama, yang tidak berbeda dengan orang yang tidak percaya kepada Yesus.

Hanya anda yang bisa merasakan ada atau tidaknya kerinduan untuk lebih mengenal Yesus. Karena hanya Allah yang bisa menyatakan diriNya kepada Petrus, hanyalah Dia yang bisa membuat anda percaya sepenuhnya dan berserah kepada Yesus. Apa yang perlu kita lakukan sekarang hanyalah mengundang Roh Kudus untuk menguasai hati kita, dan membimbing kita kearah pengenalan yang benar akan Yesus, Tuhan kita. Dengan itu hidup kita akan berubah, karena bukan kita sendiri yang hidup dalam diri kita, tetapi Kristus Tuhan kita. Jika selama ini kita hidup untuk diri kita sendiri dan hanya tertarik pada kesenangan duniawi, dengan mengenal Kristus yang sudah mati ganti dosa, kita akan dapat hidup memuliakan Dia setiap hari.

“Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.” Galatia 2: 20

7 pemikiran pada “Siapakah Yesus bagi anda?

  1. Buku2 teologi reformed juga bgus dlm mmbhas siapa Yesus.

    Pertanyaan siapa Yesus bg kita mmang jawabannya tdk segampang sprti pertanyaannya. Hnya yg punya pnglaman dan hubungan pribadi dg-Nya yg sungguh bs menjawabnya. Jawabannya pun bisa subjektif dan objektif.
    Dan terlebih, hnya oleh karya Roh Kudus org dpt berkata bhwa Yesus Kristus adlah Mesias, Anak Allah, dan Tuhan.

    Bagi saya, Yesus adalah Juru Selamatku. Sy meyakini bhwa Yesus jg adlah manusia dan Tuhan sekaligus (dwisifat). Namun di atas semuanya, Yesus Kristus adlah the subjectivity of the truth in person. Yg punya misi ttg dunia ciptaan-Nya, yakni bgi kemuliaan nama-Nya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s