Hal menjadi satu daging

“Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.” Kejadian 2: 24 – 25

Hari ini saya melihat adanya ucapan selamat hari Yom Kippur di WA saya. Saya terperangah. Setahu saya tidak ada satupun teman saya yang merayakannya. Malahan, saya duga hampir semua tidak tahu maknanya. Apa sih Yom Kippur itu?

Menurut Wikipedia, Yom Kippur (יום כיפור yom kippūr); Hari Penebusan atau Hari Pendamaian (hari grafirat) adalah hari yang dianggap paling suci dalam agama Yahudi. Di Australia, Yom Kippur berlangsung sejak Selasa malam 18 September, sampai Rabu malam 19 September 2018.Walaupun disebut perayaan, sebenarnya ini dilakukan puasa selama 25 jam, dihitung dari terbenamnya matahari.

Ada hal-hal yang pantang dilakukan selama perayaan ini berlangsung. Selain tidak diperkenankan untuk makan dan minum, umat tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan seksual. Memang dalam perkawinan Yahudi ortodoks, selalu ada hari-hari tertentu dimana hubungan seks tidak boleh dilakukan karena mereka ingin memusatkan diri kepada Tuhan.

Menurut Alkitab, seks adalah pemberian Tuhan yang baik, yang harus dipertahankan kemurniannya. Seks hanya baik jika dilakukan pada saat yang baik, dengan cara yang benar dan untuk tujuan yang mulia. Pengertian keadaan apa yang baik dan tidak baik agaknya berbeda dengan apa yang dijalankan orang zaman now, yang mungkin menganggap bahwa asal dua orang saling menyukai, seks dalam bentuk apapun, dimanapun dan kapanpun jadilah.

Menurut agama Kristen, seks adalah bagian kehidupan antara suami dan istri yang merupakan pemberian Tuhan. Seks seharusnya adalah sesuatu yang suci yang berdasarkan kasih antara suami dan istri sesuai dengan perintah Tuhan untuk menghasilkan keturunan (Kejadian 1: 28). Seks adalah bukan sesuatu yang tabu, kotor, atau memalukan jika dilakukan dua orang yang hidup dalam pernikahan. Hubungan antara suami dan istri seharusnya membawa mereka lebih dekat kepada Tuhan.

“Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.” Kejadian 2: 24 – 25

Mengapa pandangan dunia akan pernikahan sekarang sudah berubah? Itu karena dosa manusia. Manusia sudah menjadikan manusia lain sebagai obyek nafsu mereka, baik dalam dunia nyata maupun maya. Banyak orang yang merasa bahwa hidup adalah milik mereka dan itu ada ditangan mereka sendiri. Hidup adalah untuk kenikmatan tubuh dan bukan untuk memuliakan Sang Pencipta. Tidak lagi menghormati perkawinan seperti yang ditentukan Tuhan, manusia justru berbuat hal-hal yang bisa menghancurkan perkawinan dan hidup mereka sendiri.

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.” Ibrani 13: 4

Pagi ini, jika kita sudah diberkati Tuhan dengan seorang pendamping, biarlah kita hidup suci dalam perkawinan untuk seumur hidup. Hubungan kita dengan pasangan kita adalah ibarat hubungan gerejaNya dengan Yesus Kristus, dan karena itu harus didasarkan pada kasih.

Begitu pula jika ada diantara kita yang mendambakan seorang kekasih, biarlah kita menyampaikan permohonan kita kepada Tuhan, agar kita mendapat seorang yang sepadan dalam iman kepada Tuhan. Selama dalam penantian, pikiran kita tidak boleh dipengaruhi oleh ajaran dunia yang merendahkan dan mengotori apa yang pada mulanya ditentukan Tuhan sebagai sesuatu yang baik adanya.

“…….. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.” 1 Korintus 6: 13b

Satu pemikiran pada “Hal menjadi satu daging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s