Melawan kuasa iblis

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” Efesus 6: 11 – 12

Banyak orang yang percaya bahwa hantu itu ada. Anehnya, hanya sebagian dari orang-orang itu yang percaya bahwa Tuhan itu ada. Jadi, sekalipun mereka percaya bahwa dunia roh itu ada, hanya sebagian orang yang percaya bahwa roh yang mahakuasa itu ada.

Banyak orang yang pernah menjumpai, melihat dan merasakan kehadiran roh-roh yang bergentayangan, percaya bahwa dunia roh adalah dunia yang penuh misteri. Di beberapa negara yang dipengaruhi budaya setempat, orang mengenal banyak roh-roh yang bisa muncul dengan berbagai bentuk dan mempunyai berbagai nama. Selain itu, ada orang-orang yang percaya bahwa diantara roh-roh itu ada roh yang baik dan ada yang roh yang jahat. Mereka mungkin percaya bahwa ada roh-roh yang bisa mereka gunakan sebagai pembantu atau penolong mereka.

Untuk orang Kristen dunia roh itu memang ada, dunia dimana iblis dan pengikutnya berkeliaran seperti singa yang mencari kesempatan guna menyerang anak-anak Tuhan. Orang Kristen tidak memuja roh atau berdoa kepada roh, jin dan arwah, karena mereka hanya beriman kepada Tuhan.

Roh yang jahat sering dibayangkan berupa makhluk yang mengerikan, tetapi orang Kristen tahu bahwa itu tidaklah selalu benar. Iblis dulunya adalah malaikat Tuhan yang rupawan, dan ia tahu bahwa dengan penampilan yang memikat, manusia tentu mudah terkecoh dan jatuh dalam dosa. Karena itu, iblis justru seringkali menggoda manusia dengan hal-hal yang indah, nikmat dan menggairahkan. Bukannya menghindari, manusia justru sering mendekati iblis untuk mencoba dan merasakan apa yang ditampilkannya.

Bagaimana kita dapat mengatasi serangan iblis? Sebagian orang memakai doa-doa dan tindakan istimewa untuk melawan serangan iblis, tetapi ini tidak selalu diperlukan. Sebenarnya umat Kristen tidak perlu takut kepada iblis, karena Yesus sudah mengalahkannya di kayu salib.

Apa yang perlu kita lakukan hanyalah hidup dekat dengan Tuhan. Jika hidup kita dipakai untuk memuliakan Tuhan setiap saat, iblis tidak akan mempunyai kesempatan untuk menggoda atau menyerang kita. Darah Kristus adalah senjata orang Kristen baik secara defensif maupun ofensif terhadap kuasa iblis. Karena itu, untuk menolong orang lain yang mengalami serangan iblis, kita harus membantu mereka dengan doa dan peringatan agar mereka mau hidup sesuai dengan firman Tuhan.

“Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan.” Efesus 6: 14 – 18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s