Kesempatan masih ada

“Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.” Yohanes 16: 8 – 11

Apakah Roh Kudus ada dalam diri umat Kristen? Pertanyaan ini tentunya dijawab dengan kepastian “ya”. Murid-murid Yesus memang menantikan datangnya Roh Kudus setelah kenaikan Yesus ke surga, dan ketika Roh itu datang mereka menjadi orang-orang yang luar biasa dalam semangat dan kemampuan mereka untuk memuliakan Tuhan. Memang, dalam diri setiap orang percaya, Roh Kudus tinggal untuk menasihati dan menguatkan mereka.

Banyak orang Kristen yang merasa bahwa Roh Kudus hanya diberikan kepada anak-anak Tuhan. Tetapi, ayat diatas menunjukkan bahwa Roh juga diberikan kepada seisi dunia, dan Ia akan membuat manusia bisa memikirkan hal dosa, kebenaran dan penghakiman. Mereka yang ditegur Roh harus mengambil keputusan; karena jika mereka tetap tidak mau percaya kepada Yesus, mereka akan menerima penghukuman.

Sebagai pengikut Kristus mungkin kita merasa bersyukur bahwa kita sudah menerima anugerah keselamatan karena pengurbananNya di kayu salib. Kita sudah menjawab panggilan Tuhan dalam Yohanes 3: 16 untuk percaya kepadaNya. Tetapi kita mungkin sudah lupa bahwa itu terjadi karena Roh yang sudah bekerja, membuat kita sadar bahwa kita adalah orang-orang durhaka yang seharusnya binasa. Karena itu, kita sekarang mungkin kurang peka bahwa masih ada banyak orang yang belum mau mendengarkan panggilan Roh Kudus untuk mengikut Yesus.

Jika Yesus memerintahkan murid-muridNya untuk mengabarkan Injil melalui Amanah AgungNya (the Great Commission), Ia tahu bahwa ada banyak orang yang menyadari bahwa hidup ini bukanlah sekedar untuk menikmati apa yang ada di dunia. Tetapi orang-orang itu tidak tahu apa yang harus diperbuat untuk memperoleh keselamatan.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.” Matius 28: 19 – 20

Mereka yang masih mencari-cari kebenaran yang sejati dan mereka yang jatuh dalam tipu daya iblis adalah seperti domba-domba yang tidak mempunyai gembala dan tidak mengetahui mana jalan yang benar. Dengan demikian, Yesus memerintahkan orang Kristen untuk bekerja membawa mereka yang tersesat untuk memilih jalan sempit yang menuju ke keselamatan.

“Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.” Matius 7:13 – 14

Pagi ini, firman Tuhan berkata bahwa kesempatan masih ada bagi setiap orang yang masih hidup di dunia untuk bertobat dari dosa mereka dan menerima Yesus sebagai Juruselamat mereka (1 Yohanes 1: 9). Dan kesempatan masih ada bagi umat Kristen selagi masih bisa, untuk menyatakan kasih Tuhan kepada mereka yang belum percaya melalui perbuatan dan tingkah laku yang baik kepada semua orang yang bisa kita temui, agar nama Tuhan dipermuliakan. Biarlah melalui hidup kita makin banyak orang yang mau mengikut Dia!

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5: 16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s