Jangan berhenti mempelajari firmanNya

“Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus” Efesus 4: 20 – 21

Di zaman ini kebanyakan orang memperoleh pendidikan yang lebih baik dari apa yang ada pada generasi sebelumnya. Kemajuan ilmu pengetahuan begitu pesat sehingga mereka yang tidak mau memperoleh Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (continuing professional development atau CPD) akan pelan-pelan tertinggal dalam hal pengetahuan dan aplikasinya, dan karena itu akan sulit untuk mempertahankan profesinya.

Jika hampir semua segi kehidupan memerlukan penyesuaian karena adanya perubahan dalam masyarakat, banyak gereja yang sering dikritik karena apa yang diajarkan hampir tidak pernah berubah dari zaman ke zaman. Mereka yang ke gereja itu mungkin lebih senang hidup dalam kebiasaan dan tradisi tetapi kurang mau berusaha mendalami arti dan aplikasi firman Tuhan dalam menghadapi hidup masa kini.

Memang banyak orang Kristen sering segan menggumuli firman Tuhan sekalipun mereka menghadapi berbagai tantangan hidup. Apa yang terlihat paling gampang dan menawan adalah apa yang mereka pilih. Oleh sebab itu, mereka mudah terjerumus dalam kekeliruan doktrin atau gampang disesatkan dengan berbagai ajaran karena perasaan mereka sudah tumpul.

Hari ini kita diingatkan bahwa jika firman Tuhan tidak digumuli setiap hari, perlahan-lahan kita akan kehilangan kesadaran akan kegunaannya. Lebih dari itu kita tidak akan pernah tahu bahwa firman Tuhan itu adalah sangat dalam dan menunjukkan kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah. Tanpa kemauan untuk belajar, kita tidak akan bisa maju dalam pengenalan kita akan Dia.

Sudah tentu untuk mempelajari firman tidaklah mudah. Sekalipun kita rajin membaca berbagai buku tafsiran Alkitab atau mendengarkan khotbah, dengan kemampuan sendiri kita tidak dapat mengerti arti dan guna firman Tuhan. Untuk itu Yesus sudah meminta kepada Bapa untuk memberikan Roh Kudus sebagai Penolong kita.

Biarlah sebagai orang percaya kita mau memohon agar kita selalu dipenuhi Roh Kudus untuk bisa lebih giat mempelajari dan mengerti akan firmanNya, dan agar makin lama makin dapat menjalani hidup kita seperti apa yang dikehendakiNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s