Menghasilkan apa yang baik dengan mulut kita

“Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.” Yakobus 3: 12

Mulut manusia adalah bagian tubuh yang sangat berguna. Jika makhluk lain menggunakan mulut pada dasarnya hanya untuk makan, manusia menggunakan mulut untuk makan dan berbicara. Manusia memang adalah makhluk satu-satunya yang memiliki cara berkomunikasi sistematis yang berupa bahasa. Dengan demikian, mulut berfungsi untuk memperoleh input, tetapi juga untuk menghasilkan output. Mana yang lebih penting fungsinya untuk orang Kristen?  Yesus dalam Matius 15: 11 – 19 menjelaskan bahwa apa yang masuk ke dalam mulut tidak menajiskan orang, tetapi apa yang keluar dari mulut dan bersumber dari hati dapat membuahkan berbagai dosa.

Memang apa yang keluar dari mulut seseorang bisa menunjukkan sifat atau kepribadian orang itu. Tidak hanya kebohongan, kesombongan, omong kotor, fitnah, gosip, sumpah palsu dan hujat yang bisa keluar dari mulut seseorang, tetapi juga apa yang nampaknya benar dan indah tetapi yang sebenarnya menyesatkan orang lain. Dalam kehidupan rohani, sering terlihat adanya guru-guru atau pemimpin agama yang bukannya mengajarkan kebenaran, tetapi justru menampilkan ajaran-ajaran yang bisa membuat orang lain tersesat. Kebanyakan hal ini terjadi agar bisa membawa keuntungan kepada si pembicara dan kelompoknya.

Rasul Yakobus dalam Yakobus 3: 1 – 12 mengungkapkan pentingnya menjaga mulut. Ini  ditulisnya untuk semua orang Kristen, tetapi diutamakan kepada orang-orang Kristen yang ingin menjadi guru, pemimpin, atau pembimbing orang Kristen lainnya. Dalam kenyataannya, setiap orang Kristen haruslah menjadi teladan bagi orang lain, dan dengan demikian wajib menjaga mulut mereka, agar apa yang diucapkan tidak berupa dosa. Memang sebagai manusia kita semua mempunyai cacat-cela, tetapi orang Kristen yang bisa menjadi pemimpin adalah orang yang bisa mengendalikan mulut, hati dan pikirannya sehingga apa yang dikatakan akan menguatkan dan membangun sesama.

Mungkin banyak orang Kristen yang mengeluarkan berbagai alasan jika dari mulut mereka muncul kata-kata yang tidak benar, kasar, kotor atau menyakitkan orang lain. Tidak sengaja, bukan bermaksud buruk, karena terpaksa, ataupun karena ilham, begitu orang sering berdalih untuk membenarkan perkataan mereka. Tetapi Yakobus tidak bisa menerima alasan-alasan seperti itu. Ia mengatakan bahwa pohon ara tidak akan menghasilkan buah zaitun dan  pokok anggur tidak dapat menghasilkan buah ara. Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.

Pagi ini, jika kita sudah memiliki hidup baru, kita tidak boleh tinggal dalam kebiasaan lama dan sembrono dalam menggunakan mulut kita. Kita tidak bisa memakai mulut kita untuk memuji Tuhan dan dengan mulut yang sama berbuat jahat kepada sesama kita. Apa yang keluar dari mulut kita jelas adalah pencerminan hati dan pikiran, dan karena itu kita harus mau berubah dari dalam untuk menjadi manusia baru yang membawa kemuliaan bagi Tuhan.

Apa yang masuk ke dalam hati dan pikiran kita mungkin juga adalah hal-hal yang tidak benar dan jahat yang kita terima dari orang lain atau bersumber dari apa yang kita pernah lihat dan alami. Karena yang masuk adalah kotor, apa yang keluar juga kotor. Garbage in, garbage out. Oleh sebab itu, untuk mengendalikan mulut kita, kita harus benar-benar bertekad untuk mau mengendalikan seluruh tubuh kita. Kita  harus mau menyerahkan hidup kita sepenuhnya untuk dibimbing Tuhan dan mengabdikan hidup kita sepenuhnya untuk kemuliaanNya.

Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. Efesus 4: 29

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s