Karya seni Tuhan yang paling berharga

“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” Efesus 2: 10

Sekitar 30  tahun yang lalu, beberapa orang yang mewakili sebuah rumah lelang internasional (international auction house) datang ke Melbourne untuk mencari barang-barang kuno yang ingin dilelang pemiliknya. Saya yang pada waktu itu tinggal di Melbourne, tahu adanya beberapa rumah lelang terkenal seperti Christie’s dan Sotheby’s, yang sering berhasil melelang barang-barang artistik atau antik dengan harga yang tinggi. Saya dengan penuh harapan membawa sebuah gambar hitam putih yang dilukis oleh seorang artis Belanda pada abad 19 yang kebetulan saya punyai untuk diberi pertimbangan harga.

Saya pergi ke tempat pertemuan dengan penuh harapan. Menurut pikiran saya, setidaknya lukisan itu bisa dihargai beberapa ribu dolar. Namun, setelah staf rumah lelang itu melihat lukisan itu, ia berkata bahwa paling banyak saya akan memperoleh sekitar $200; karena walaupun kuno, gambar itu bukanlah karya pelukis terkenal. Saya kecewa. Ternyata bukan apa yang terlihat yang menentukan harga sebuah karya seni, tetapi siapa yang membuatnya. Sekalipun sebuah benda nampaknya tidak berharga, itu akan dihargai orang jika dibuat oleh seseorang yang ternama.

Sebagai orang Kristen tentunya kita percaya bahwa segala sesuatu diciptakan Tuhan. Jika kita melihat alam semesta, mau tidak mau kita akan mengagumi apa yang sudah diciptakanNya. Lebih-lebih lagi, mereka yang bekerja di bidang astronomi bisa melihat adanya struktur-struktur kompleks di jagad raya yang stabil dan luar biasa luas dan besarnya. Adanya berbagai bintang, planit, matahari, bulan dan sebagainya, menunjukkan bahwa Tuhan adalah artis yang luar biasa. Tuhan seharusnya diakui bukan saja sebagai Sang Pencipta, tetapi juga sebagai Artis diatas segala artis.

Dalam kenyataan hidup, tidak semua orang mengakui bahwa Tuhan adalah Sang Pencipta yang sudah ada sebelum adanya apapun. Sebagian orang mungkin mengakui bahwa adanya Tuhan adalah mutlak diperlukan karena bumi dan segala isinya tidak mungkin muncul begitu saja. Walaupun demikian hanya sebagian bisa meyakini bahwa Tuhan adalah Pencipta yang terbesar, karena bukan saja Ia menciptakan seluruh jagad raya dan alam semesta, Ia pun sudah menciptakan manusia sebagai gambarNya.

Alkitab menyatakan dalam kitab Kejadian 1: 27  bahwa manusia adalah satu-satunya makhluk yang mirip dengan Sang Pencipta. Manusia diciptakan dengan keindahan, kemampuan dan keistimewaan yang jauh diatas makhluk lain. Manusia diciptakan  untuk hidup dan menghasilkan apa yang baik di hadapan Sang Pencipta.

Sayang sekali dengan adanya dosa, manusia sulit untuk menyadari apa arti hidupnya. Mungkin ada orang-orang yang sadar akan keindahan, kemampuan dan keistimewaan mereka, tetapi tidak mengerti bahwa semua itu haruslah dipakai untuk memuliakan Tuhan Sang Pencipta.

Pada pihak yang lain, ada orang-orang yang merasa rendah diri atau kurang mampu, dan merasa tidak mempunyai keistimewaan yang bisa dipakai untuk memuji Tuhan. Selain itu, ada juga orang-orang yang tidak sadar bahwa mereka adalah ciptaan Tuhan yang Mahabesar, yang seharusnya tidak menyia-nyiakan hidup mereka.

Pagi ini, firman Tuhan berkata bahwa kita semua adalah ciptaan Allah yang sudah menjadi ciptaan baru dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik. Kita sudah dipersiapkan Allah untuk bisa menjadi hasil karyaNya yang terbaik dan karena itu Allah mau agar kita selalu menjalani hidup baik didalam Dia. Keadaan kita mungkin berbeda-beda dan  pekerjaan atau kemampuan kita bisa berlainan; tetapi kita adalah hasil karya Artis yang sama. Artis terbesar diatas segala artis.

Tuhan adalah Pencipta kita dan tidak ada seorang pun yang dapat mengabaikan Dia yang mahabesar. Hidup kita bisa menjadi hidup yang berharga karena Dia. Biarlah hidup kita bisa dipakai untuk membuat namaNya makin dimuliakan di muka bumi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s