Salam berkat penutup tahun

“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.” Bilangan 6: 24 – 26

Satu hal yang sudah sering hilang dari liturgi kebaktian gereja ialah salam berkat atau doa penutup yang dalam bahasa Inggrisnya dinamakan Benediction. Seringkali salam berkat ini disampaikan oleh pastor atau pendeta yang bertugas dengan mengangkat kedua tangannya dari atas mimbar di hadapan jemaat. Sesudah itu himne penutup atau doxology dinyanyikan jemaat sebelum mereka meninggalkan gereja. Bagi mereka yang menyenangi liturgi tradisional gereja, kombinasi benediction dan doxology ini memang terasa khidmat sekali.

Ayat di atas adalah apa yang sering dipakai sebagai benediction. Itu adalah pesan Allah kepada Musa untuk disampaikan kepada Harun dan anak-anaknya yang bertugas sebagai imam umat Israel. Sudah tentu, karena Allah sendiri yang memerintahkan hal itu, salam berkat itu bukan sekedar kata, tetapi merupakan janji kasih kepada umatNya. Selain ayat di atas, ada beberapa ayat Alkitab yang juga dipakai untuk salam berkat. Bagi mereka yang percaya kepada Tuhan dan firmanNya, kata-kata yang disampaikan bisa terasa menyegarkan dan untuk itu hanya ada satu jawaban: Amin.

Bagi kita yang melalui pengurbanan Kristus sudah dijadikan umat Tuhan, janji yang sama tentunya berlaku juga. Dalam memasuki tahun yang baru kita harus ingat bahwa Tuhan sendiri yang berkata bahwa Ia akan memberkati kita dan melindungi kita. Tuhan akan menyinari kita dengan wajah-Nya dan memberi kita kasih karuniaNya. Tuhan akan menghadapkan wajahNya kepada kita dan memberi kita damai sejahtera.

Memang kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada tahun 2020. Hanya Tuhan yang tahu dan membuat segala sesuatu berjalan sesuai dengan apa yang dikehendakiNya. Tetapi, jika kita percaya bahwa Tuhan adalah mahakuasa dan mahakasih, kita bisa bersandar kepada Dia dan janjiNya. Marilah kita memasuki tahun yang baru ini dengan semangat dan pengharapan!

“Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.” 2 Korintus 13: 14

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s