Siapakah Yesus bagi anda?

Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.” Matius 16: 15 – 17

Beberapa jam yang lalu pesawat saya mendarat di Brisbane dan dengan itu perjalanan saya ke Israel dan sekitarnya sudah sepenuhnya berakhir. Ada perasaan senang dan lega di hati saya karena saya bisa pulang ke rumah di Gold Coast dengan selamat, tetapi kenangan yang saya peroleh tidak mudah dilupakan. Melihat permukaan air di Broadwater, mau tidak mau pikiran saya teringat akan danau Tiberias dimana banyak hal yang dikerjakan Yesus dan murid-muridNya dua ribu tahun yang lalu.

Berbagai mujizat Yesus juga terjadi di sekitar danau Tiberias, seperti berjalan di atas air, meneduhkan angin ribut dan memberi makan ribuan orang. Mungkin dapat kita bayangkan bahwa murid-murid Yesus yang melihat semua itu tentunya merasa heran dan takjub. Walaupun demikian, semua itu tidak membuat mereka mengerti bahwa Yesus adalah Mesias.

Selain danau Tiberias, saya juga terkesan dengan keindahan gunung Hermon. Gunung yang sekarang dipakai untuk bermain ski pada musim dingin ini menaungi sebuah kota yang bernama Kaisarea Filipi atau Caesarea Paneas yang adalah sebuah kota Romawi kuno. Kota yang dulunya indah dan berada di tempat muasal Sungai Yordan yang mengalir ke danau Tiberias, sekarang tinggal reruntuhan saja.

Pada waktu berkunjung ke Kaisarea Filipi, Yesus bertanya kepada murid-muridNya apa kata orang tentang diriNya. Murid-murid menjawab bahwa sebagian orang berpendapat bahwa Yesus adalah Yohanes Pembaptis, tetapi ada juga yang mengatakan Yesus adalah Elia dan ada pula yang mengatakan Yeremia atau salah seorang dari para nabi. Setelah mendengar jawaban murid-muridNya, Yesus bertanya: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Hanya Petrus yang bisa menjawab dengan tepat: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”

Bagaimana Petrus dapat mengerti bahwa Yesus adalah Mesias dan penjelmaan Allah? Jika murid yang lain bungkam, Petrus dengan yakin dan lantang mengakui Yesus sebagai Tuhan. Ini adalah suatu keajaiban besar yang sering dilupakan orang Kristen. Yesus berkata kepada Petrus bahwa Allah sendiri yang menyatakan hal itu kepadanya. Jelas dengan usaha sendiri kita tidak dapat mengenal Yesus.

Apakah saat ini anda benar-benar mengakui Yesus adalah Mesias dan Tuhan? Jika ya, anda sudah menerima mujizat besar dari Allah. Dengan demikian, hidup anda seharusnya penuh dengan sukacita karena anda sudah dikenal oleh Allah sebagai anakNya. Dengan keyakinan ini anda akan kuat dalam menghadapi segala tantangan kehidupan. Ataukah masih ada rasa sangsi dalam hati anda mengenai siapa Yesus yang sebenarnya? Jika memang demikian, berdoalah kepada Allah agar terangNya menghilangkan kabut keraguan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s