Tanpa ujian, kekuatan tidak bisa tumbuh

Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji. 2 Korintus 13: 5

Hari ini media memberitakan bahwa kasus yang menyangkut novel coronavirus COVID-19 sampai saat ini sudah ditemukan di 56 negara dan satu kapal pesiar Diamond Princess. Sebagian besar dari mereka yang terkena virus ini kemudian sembuh setelah mendapatkan perawatan dokter di rumah sakit, tetapi mereka yang asalnya kurang sehat dan tinggal di tempat yang kurang baik sarana kesehatannya bisa saja mengalami masalah besar.

Dengan banyaknya negara yang terkena dampak virus ini kemungkinan datangnya pandemi (wabah sedunia) mungkin bisa diduga, dan oleh sebab itu kebanyakan negara sudah mempersiapkan diri dengan membentuk tim dokter dan menyediakan fasilitas rumah sakit khusus guna merawat mereka yang terkena virus ini. Sekalipun pandemi jarang sekali terjadi di dunia, kesiapan suatu negara untuk menghadapinya seharusnya diuji secara berkala agar jika itu benar-benar datang, mereka yang bekerja dibidang kesehatan sanggup untuk menghadapinya.

Kesiapan diri (preparedness) adalah hal yang jamak untuk semua orang yang akan mengalami tugas atau tantangan yang besar. Orang yang ingin berhasil untuk mengatasi masalah besar tentunya mau menguji dan memeriksa dirinya untuk memastikan bahwa ia benar-benar siap. Itu berarti bahwa ia tidak ragu atau takut untuk menghadapi kesulitan yang sering muncul, sehingga ia berani untuk menghadapi kesulitan yang jarang muncul. Mereka yang tidak mau menghadapi masalah yang kecil, akan sulit untuk menghadapi masalah yang besar.

Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Korintus mengatakan bahwa mereka harus menguji diri mereka sendiri, apakah mereka tetap bisa tegak di dalam iman jika ada masalah-masalah kehidupan yang terjadi. Mereka harus menyelidiki apakah keyakinan mereka tetap kuat bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri mereka. Begitu juga jika ada masalah rohani, kebenaran yang sudah mereka pelajari haruslah digunakan dan diuji. Tanpa menguji dan memeriksa apa yang mereka miliki, mereka tidak akan tahan menghadapi masalah yang lain.

Saat ini, bagaimana pula dengan hidup anda? Mungkin ada masalah-masalah yang datang silih berganti dan membuat anda merasa lelah dan hilang semangat. Tetapi, semua itu mungkin adalah ujian yang harus anda hadapi dan kesempatan untuk memeriksa iman anda. Ini untuk memastikan apakah anda yakin bahwa Yesus tinggal dalam diri anda. Apa yang terjadi, jika bisa anda atasi, akan memberikan keyakinan yang lebih besar bahwa bersama Yesus tidak ada masalah yang terlalu besar untuk dihadapi di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s