Keyakinan dalam iman

“Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.” Yakobus 5: 15

Teringat saya akan masa muda, dimana teman yang lama tak berjumpa menyapa saya dengan pertanyaan “kemana saja nih” dan obyek pembicaraan kami berlanjut menjadi saling menukar pengalaman selama berpisah. Heran, setelah usia saya mulai melanjut, pembicaraan dengan teman-teman saya cenderung berkisar soal kesehatan dan obat-obatan. Sekalipun demikian, saya yakin bahwa keadaan dunia di zaman ini agaknya sudah berubah dengan kesadaran bahwa hal menjadi sakit bukan hanya monopoli kaum yang kurang mampu dan yang berumur saja.

Setiap orang bisa jatuh sakit, itu adalah kenyataan yang tidak dapat ditolak. Dengan demikian, setiap orang berusaha dengan kemampuannya untuk bisa tetap sehat, dan mereka yang beriman tentunya memohon penyertaan Tuhan agar bisa terlindungi dari ancaman berbagai penyakit. Pada pihak yang lain, orang mungkin jarang memikirkan hal dosa yang seperti penyakit jasmani, bisa membuat manusia sakit. Orang mungkin kurang menyadari pentingnya meminta perlindungan Tuhan dari godaan iblis supaya bisa mengatasi ancaman berbagai penyakit rohani. Padahal hal sakit rohani seharusnya lebih ditakuti daripada sakit jasmani karena menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan.

Pada ayat di atas terlihat adanya hubungan antara penyakit jasmani dengan penyakit rohani. Tuhan yang mahakasih adalah Tuhan yang mampu menyembuhkan orang yang sakit seperti apa yang dikehendakinya. Hal ini bukan berarti bahwa Ia akan menyembuhkan setiap orang dari setiap penyakit pada setiap saat, tetapi Ia sanggup menunjukkan kuasaNya sehingga setiap umatNya yang benar-benar beriman mempunyai keyakinan bahwa Ia adalah Tuhan yang berdaulat atas segala sesuatu. Oleh sebab itu, setiap orang percaya tidak perlu takut dalam menghadapi bahaya penyakit jasmani.

Pada pihak yang lain, dosa yang membawa penyakit rohani adalah suatu bahaya besar yang seharusnya ditakuti oleh setiap manusia yang sadar tentang adanya Tuhan yang mahasuci. Tuhan menuntut seluruh umat manusia untuk bisa hidup suci seperti Dia, dan jika tidak mereka akan binasa. Dengan demikian, tidak ada seorang pun yang bisa selamat dengan usahanya sendiri. Hanya dengan belas kasihan Tuhan, manusia bisa menerima pengampunan melalui darah Kristus. Karena itu, mereka yang beriman tidak akan mati, melainkan sudah memperoleh jaminan hidup yang kekal.

Hari ini, adakah perasaan gundah dalam hati anda karena adanya ancaman penyakit jasmani tertentu? Apakah anda kuatir akan kekuatan tubuh anda dan keadaan orang-orang yang anda cintai? Sebagai orang beriman kita harus yakin bahwa Tuhan sanggup memelihara kesehatan tubuh semua umatNya. Lebih dari itu Ia menjamin keselamatan jiwa mereka yang beriman dengan mengampuni semua dosa yang mereka perbuat karena pengurbanan Kristus. Biarlah kita selalu yakin akan kebesaran kasih dan kuasaNya dalam iman yang teguh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s