Hanya Yesus yang bisa memberi rasa damai

“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.” Yohanes 14: 27

Kemarin media memberitakan bahwa Organisasi Kesehatan Sedunia memperingatkan semua negara untuk lebih berhati-hati karena kasus positif coronavirus di dunia yang semakin meningkat. Dalam keadaan ini, banyak negara di dunia justru mencoba untuk mengurangi pembatasan sosial yang ada karena effeknya di bidang sosial dan ekonomi yang dirasakan rakyat sebagai penderitaan.

Memang bagi rakyat jelata, suasana saat ini sangat menggelisahkan. Pada satu pihak mereka tidak ingin untuk terkena penularan virus corona, tetapi mereka juga tidak mau untuk kehilangan mata pencaharian. Dalam hal ini ada orang yang berpendapat bahwa lebih baik mati karena virus corona daripada karena mati kelaparan. Karena itu banyak negara yang terpaksa melonggarkan pembatasan sosial untuk memperbaiki keadaan ekonomi.

Memang dalam hidup ini banyak hal yang tidak dapat dengan mudah diselesaikan. Kalau tidak karena solusi yang belum ada, itu mungkin karena adanya solusi yang belum tentu membawa kebaikan untuk semua orang. Dengan demikian, dalam hidup ini seringkali kita merasa bahwa di mana pun kita tinggal, tidak ada seorang pun yang bisa memberi kita rasa damai sejahtera. Di mana pun kita berada, selalu ada kekuatiran bahwa hidup kita mungkin akan menjadi kacau seiring dengan adanya berbagai masalah di sekitar kita.

Ayat di atas adalah berisi ucapan Yesus yang menjanjikan damai sejahtera kepada murid-muridNya. Bagaimana Yesus bisa berbeda dengan orang-orang yang menjanjikan hal yang serupa di dunia? Bukankah tahun demi tahun berlalu, tetapi harapan kita untuk masa depan yang lebih baik tidak kunjung datang? Bukankah harapan untuk melalui tahun ini dengan kebahagiaan dan damai sejahtera justru sudah kandas di awal tahun?

Perbedaan yang sangat besar bisa terlihat jika kita melihat dengan iman apa yang dijanjikan Yesus. Apa yang dijanjikan dunia yang fana sudah tentu hanya bersifat sementara. Tetapi apa yang dijanjikan Yesus Kristus adalah sesuatu yang kekal karena Ia adalah Tuhan yang mahakuasa dan mahakasih. Hanya Tuhan yang bisa memberi kita rasa damai karena Ialah yang bisa menyertai kita dimana saja kita berada, sekarang dan selamanya. Biarlah kita mau berdoa agar Ia menambahkan iman kita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s