Yang paling penting adalah pemeliharaan Tuhan

“Maka Daud tinggal di padang gurun, di tempat-tempat perlindungan. Ia tinggal di pegunungan, di padang gurun Zif. Dan selama waktu itu Saul mencari dia, tetapi Allah tidak menyerahkan dia ke dalam tangannya.” 1 Samuel 23: 14

Daud melarikan diri

Ketika itu Daud dalam pelarian. Raja Saul terus mengejar Daud dan bermaksud membunuhnya. Sekalipun Daud adalah seorang pemberani yang sudah berkali-kali mengalahkan orang Filistin, ia merasa kecil di hadapan Saul. Saul adalah raja Israel dan Daud tunduk kepadanya. Saul mempunyai tentara yang jauh lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan pengikut Daud. Karena itu Daud seringkali ketakutan, sekalipun ia tahu Tuhan ada.

Daud seharusnya sadar bahwa ia dapat mengalahkan orang Filistin berkali-kali karena Tuhan menyertainya. Tetapi, dalam hal menghadapi Saul, ia kelihatannya kehilangan percaya diri. Bukannya berusaha melawan Saul, Daud memilih untuk melarikan diri dan bersembunyi di padang gurun. Agaknya ia percaya bahwa dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, melarikan diri adalah cara yang terbaik. Ini adalah taktik militer yang sering dihindari karena kebanyakan pimpinan perang percaya bahwa “pertahanan yang terbaik adalah menyerang”.

Seperti Daud, kita pun sering merasa takut dalam menghadapi berbagai ancaman atau tantangan. Kebanyakan orang memberi nasihat agar kita berani mengambil keputusan dan melakukan tindakan tegas. Mungkin tidak ada orang yang menasihati kita untuk melarikan diri dari kesulitan hidup kita itu. Biasanya nasihat yang kita terima adalah untuk tetap berani menghadapi dan bahkan menghantam dan mengalahkan “musuh-musuh” kita. Ketakutan mungkin dianggap sebagai hal yang patut dicela. Tetapi, ketakutan adalah hal yang justru bisa dan biasa muncul dalam diri setiap orang.

Jika orang mulai takut atau kuatir, biasanya ketakutan atau kekuatiran itu tidak tetap dalam bentuk dan besarnya. Sebaliknya, hal-hal itu biasanya berubah menjadi besar dan makin menakutkan setiap hari. Apalagi jika masalah atau bahaya itu belum pernah teratasi sebelumnya, orang mudah untuk merasa tidak berdaya. Daud pun merasa tidak berdaya dalam menghadapi Saul yang berkali-kali ingin mencelakai dan membunuh dia. Karena itu, dalam ayat di atas Daud memilih untuk tinggal di padang gurun, di tempat-tempat perlindungan di pegunungan, di padang gurun Zif.

Dalam keadaan yang menekan, Daud mungkin merasa bahwa ia harus berusaha untuk dapat menyembunyikan dirinya sebaik mungkin. Jika tidak, ia tentu akan tertangkap oleh Saul. Apalagi, Saul mempunyai banyak prajurit dan mata-mata. Tetap, dalam ayat di atas Daud tidak tertangkap oleh Saul bukan karena ia pandai untuk menyembunyikan diri. Daud tidak tertangkap oleh Saul karena Allah tidak menyerahkan dia ke dalam tangan Saul.

Seperti Daud, kita sering merasa bahwa dalam menghadapi bahaya kita harus bertindak. Kita mungkin berpikir bahwa masa depan kita ada di tangan kita sendiri. Ini menyebabkan kita sering takut dan kuatir kalau-kalau usaha dan tindakan kita tidak cukup untuk bisa membawa masa depan yang baik bagi kita dan keluarga kita. Kita pergi ke tempat dimana kita bisa merasa aman dan mendapat perlindungan. Kita melakukan hal-hal yang dipandang perlu untuk menyelamatkan kita dari bahaya. Tetapi kita lupa bahwa apa pun yang kita lakukan, hanyalah Tuhan yang bisa menghindarkan kita dari kehancuran.

Hari ini, firman Tuhan berkata bahwa manusia boleh berusaha, tetapi Tuhanlah yang menentukan. Dan bagi umat Tuhan, apa pun yang kita lakukan tidaklah akan membawa kebaikan jika kita tidak mempercayakan diri kepada Tuhan, yang berkuasa atas hidup kita dan hidup seluruh umat manusia dan alam semesta. Tuhan adalah Tuhan yang mahakuasa dan memegang kontrol atas segala sesuatu. Percayalah bahwa apa yang paling penting dalam hidup kita adalah pemeliharan Tuhan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s